Penerapan Pendekatan VAK (Visual Auditori Kinestetik) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. SKB 3 Menteri Pembangunan Lidah Tanah

Nabilah Rahmah, Hizmi Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis menjadi lebih baik melalui pendekatan VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) pada siswa MTs SKB 3 Menteri  Pembangunan Lidah Tanah. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). peneliti menggunakan desain penelitian pretest- posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs SKB 3 Menteri Pembangunan Lidah Tanah. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling kelas VII-3 (kelas eksperimen) dan kelas VII-2 (kelas kontrol.). Dari hasil analisis data penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen > rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol, yaitu 69,80 > 63,92. Dari perhitungan uji-t menunjukkan adanya perbedaan dengan membandingkan  ≥  diperoleh  2,704 >  2,010 maka ada pengaruh, dan  terjadinya peningkatan pemahaman konsep matematis antara kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan VAK (Visual, Auditori, kinestetik) dan kelas kontrol yang diajar dengan pendekatan tradisonal. Penggunaan pendekatan pembelajaran VAK (Visual, Auditor, Kinestetic) memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa keals VII MTs. SKB 3 Menteri Pembangunan Lidah Tanah.

Full Text:

PDF

References


Achyar, M. (2015). Institut Agama Islam Negeri. Excutive Summary, 23, 57168.

Angraini, G. (2014). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X di Kota Solok. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains., 1(4), 161–170.

Astutik, M., Rusimamto, P. W., & Teknik. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 107–114.

Bayuaji, P., Hikmawati, H., & Rahayu, S. (2017). pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (sfae) dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika. jurnal pijar mipa, 12(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.328

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Maharani, Z. Z., Rahman, B., & Pendahuluan, A. (2003). Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Kemampuan. 535–541.

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Model, E., & Vak, P. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditoy, and Kinestetics) dengan Pendekatan Literasi Sains terhadap Kemampuan Presentasi Peserta Didik MTS Kelas VII. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 282–291.

Murnaka, N. P., & Dewi, S. R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 163. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.637

Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi

Pendidikan, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320

Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 413–423. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2783

Radiusman, R. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.

Rahmasari, D., & Ismiyati, I. (1). analisis butir soal mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/10007

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49

Shinta, F. D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tahun Ajaran 2015/2016.

Syaifullah, & Soemantri, D. O. (2016). Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 19–25. http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v2i1.1689

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education,26 (1), 14-17




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.278

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah