Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Nurul Hadina

Ranny Purwanti, Cut Latifah Zahari, Hizmi Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penilitian adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah Quasi Eksperimental dengan menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) pada kelas eksperimen  dan tanpa menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nurul Hadina semester ganjil T.A 2019/2020 yang berjumlah 90 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk kelas eksperimen 32 siswa di kelas VIII-A dan untuk kelas kontrol 32 siswa di kelas VIII-B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu pretest dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji hipotesis dan uji regresi linear sederhana. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan uji hipotesis ( uji - T) yaitu harga thitung =  2.541 pada posttest sedangkan ttabel = 2,042 karena  thitung>ttabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Nurul Hadina T.A 2021/2022

Full Text:

PDF

References


Arthaningsih, dan Diputra. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Melalui Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Of Educational Technology 2 (4) 128-136.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Helma & Edison (2017). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa Untuk Penerapan Bahan Ajar Kontekstual Mengintegrasikan Pengetahuan Terkait Dan Realistik. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), Vol 1 No 1-86.

Putriyani.2016. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mania, Sitti.2012. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassra: Alauddin University Press.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Dinda,. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV Min Glugur Darat II Kec, Medan Timur . (Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam NegeriSumatera Utara Medan

Rahim, Rika, dkk. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Srtay Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika (2017) 1 (1) 39-54

Singga, La. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika 2 (1).

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung, Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.277

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah