Pembelajaran Connected Mathematic Project Pada Materi Peluang Menggunakan Alat Peraga Dalang Pelangi

Indah Widyaningrum, Novi Susanti, Rani Hanalisa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematic Project Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Menggunakan Alat Peraga Dalang Pelangi Kelas VIII SMP Muhammadiyah Jarai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes dan Dokumentasi. Untuk mengukur hasil belajar matematika siswa dalam penelitian ini digunakan tes tertulis  yang berbentuk essai yang berjumlah 5 soal. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 74, 5 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 61, 92. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Connected Mathematic Project terhadap hasil belajar siswa pada materi Peluang menggunakan alat peraga Dalang Pelangi. Alat peraga dalang pelangi dapat mempermudah siswa dalam menemukan konsep  materi peluang

Full Text:

PDF

References


Anggoro, B. (2015). Sejarah Teori Peluang dan Statistika.Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.6, No.1

Deviana, D. & Prihanani, E. (2018).Pengembangan media monopoli matematika pada materi peluang untuk anak SMP.Jurnal Review Pendidikan Matematika. Vol.3, No.1

Jamal, F. (2014). Analisis kesulitan siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang. Jurnal MAJU, Vol.1, No.1.

Mulyani, A. dkk, (2017). Pengaruh model pembelajaran connected mathematic project terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis dimadrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Raflesia. Vol.2, No.1.

Permendikbud (2016). Standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Permendikbud.

Putridayani, I.B, & Chotimah, S. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi peluang. Jurnal MAJU, Vol.7, No.1.

Rupalestari, D. & Hartono, Y. (2018). Hasil belajar siswa pada materi peluang melalui model pembelajaran connected mathematic project.Jurnal Gantang III (2).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sundayana. (2016). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung : Alfabeta

Yanti, dkk. (2016). Desain pembelajaran peluang dengan pendekatan PMRI menggunakan kupon undian. Jurnal Elemen, Vol. 2, No.1.

Widya, dkk. (2020). Pengaruh model pembelajaran connected mathematics project (CMP) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 5, No 1.

Widyaningrum, I & Widiawati. (2021). Penerapan Alat Peraga Domino Cards Dan Kotak Matriks Pada Materi Perkalian Matriks Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Matematika STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Jurnal MathEducation Nusantara. Vol. 4, No 2




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.256

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah