Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Nur Annisa, Darmina Eka Sari Rangkuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D). Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal adalah media macromedia flash yang berisi materi dan soal evaluasi untuk siswa kelas VII. Uji coba produk dilakukan dengan tujuan mengumpulkan data yang dapat dipergunakan sebagai dasar untuk menetapkan tingkat kevalidan, kelayakan dan keefektifan. Penentuan subjek tersebut dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, yang terdiri dari 15 orang siswa untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Angket ini digunakan untuk menilai produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil penilaian validator ahli media dan materi mendapatkan persentase rata-rata 84,50%, kelayakan media pembelajaran berdasarkan hasil respon guru dan siswa mendapatkan persentase rata-rata 84,66%. dan keefektifan media pembelajaran matematika sebesar 80%.

Full Text:

PDF

References


Agustini, W A, and N Fitriani. 2021. “Analisis Kesulitan Siswa SMP PADA Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4(1): 91–96. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3900/0

Hayati, Fitra, M. Jainuri, and Hidayati Rais. 2021. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash Pada Pembelajaran Matematika.” Mat-Edukasia: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1): 107–14.

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. 2020. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1): 65–70.

Mulyani, Fitri, and Nur Haliza. 2021. “Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 3(1): 101–9.

Nugraha, Tonnie Hari, and Heni Pujiastuti. 2019. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender.” Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika 9(1): 1–7.

Oktavianingsih, Shinta, and Attin Warmi. 2021. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 8(1): 480–91.

Restrepo Klinge, Santiago. 2019. "Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia." Jurnal Buana Pengabdian 8(5): 66-72.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.255

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah