Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Berbasis Youtube

Nila Afriyani, Nurdalilah Nurdalilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran kooperatif tipe TTW menggunakan media youtube terhadap kemampuan matematis siswa pada  materi Bangun ruang sisi datar di kelas VII SMP Swasta Nurul Hadina Tahun Ajaran 2021/2022. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap kemampuan matematis siswa pada  materi Bangun ruang sisi datar di kelas VII SMP Swasta Nurul Hadina Tahun Ajaran 2021/2022. Data tersebut diolah dengan menggunakan uji statistik t. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat rata-rata  siswa kelas Eksperimen 1 (VII.1) yaitu 76,11 dan  nilai rata-rata siswa kelas Eksperimen 2 (VII.2) yaitu 71,30. Data tersebut diolah menggunakan statistic uji-t satu pihak. Berdasarkan analisis data maka diperoleh = 4,026 dan   yaitu 1,706 taraf signifikan α yaitu 5% dapat dilihat bahwa t = 4,026  1,706 maka  ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  ada perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran kooperatif tipe TTW menggunakan media youtube terhadap kemampuan matematis siswa pada  materi Bangun ruang sisi datar di kelas VII SMP Swasta Nurul Hadina Tahun Ajaran 2021/2022

Full Text:

PDF

References


Afrilianto, M. (2015). Pengaruh pendekatan model-eliciting activities terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa SMP. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 40–45.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

B,M.S . 2021 . Pengaruh Penggunaan Media Youtube Terhadap Efektifitas Proses Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi. SKRIPSI. Jambi. Fakultas . Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Jambi.

Dewi, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode Think Talk Write. Journal of Science and Social Research, 2(1), 16–20.

Dharma, I., Pujiastuti, E., & Harianja, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Semarang Pada Materi Sistem Persamaan Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2018/2019. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 239–246. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28918

Fachrul Nurhadi, Z. (2017). Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. 1, 90–91. journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/235/295.

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Intan, Sari . 2021. Video pembelajaran melalui media sosial youtube di masa pandemi pada siswa kelas 1 madrasah ibtidaiyah nurul ITTIH JAMBI 2021. SKRIPSI. Jambi. Fakultas . Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Jambi.

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7.

P, M.A .2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share (tps) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan segitiga dikelas vii smp al jamiatul al washliyah MEDAN T.A 2016/2017. SKRIPSI. Medan. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube sebagai sumber belajar generasi milenial. Journal of Civic Education, 2(3), 313–323.

SKRIPSI. Banda Aceh. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusalam Banda Aceh.

Subhana, Putri .2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dikelas VII SMP Negeri 3 Kota Banda Aceh.

Sugiyono. 2015 . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA

Suparya, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 2(2), 19–24.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2

Wahidiyah, N. A., Nizaruddin, N., & Aini, A. N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 339–347.

Wahyuni, T. S., Amelia, R., & Maya, R. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–23.

Wardani, W. K., Asnawati, R., & Sutiarso, S. (2015). Efktivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Ditinjau Dari Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.254

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah