Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ajmain, Herna, & Masrura, S. I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika),12(1), 45–54.
Ambarwati, Anindika, A. P., & Mustika, I. L. (2018). Pernikahan Adat Jawa Sebagai Salah Satu Kekuatan Budaya Indonesia. Prosiding SENASBASA, 3, 17–22.
Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh Problem Posing Dan Pbl Terhadap Prestasi Belajar, Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7303
Baroody, A. J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating. New York: Mc. Milan.
Destrianti, S. (2019). Etnomatematika dalam Seni Tari Kejei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 116. https://doi.org/10.29300/equation.v2i2.2316
Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing realistic mathematics education.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Lestari, L., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Matematika Antara yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–108. https://media.neliti.com/media/publications/226571-perbandingan-kemampuan-pemecahan-masalah-5af4ead9.pdf
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development. Repository.Lppm.Unila.Ac.Id, 10.
Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389–400. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php.mosharafa
Oktavianingsih, S., & Warmi, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 480–491.
OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86
Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203–210. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.35
Rahmawati, C.-, & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemamampuan Komunikasi Siswa Menengah Terhadap Resiliensi Matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 147. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i3.p147-154
Shadiq, F., & Mustajab, N. A. (2010). Program bermutu. Daud, A., & Suharjana, A. (2010). Modul Matematika SMP Program Bermutu (Kajian Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP). Yogyakarta. PPPPTK Matematik.
Sullivan, P., & Mousley, J. (1996). Natural Communication in Mathematics Classroom: What Does It Look Like. Melbourne: Merga.
Sumarmo, U. (2013). Kumpulan makalah berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Bandung: UPI.
Turmudi. (2010). Pembelajaran Matematika Kini dan Kecenderungan Masa Mendatang. Matematika Sekolah Kini Dan Masa Mendatang, 28
Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zulfah, Z., & Rianti, W. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Soal PISA 2015. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 49. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3064
Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2010). Pengembangan blog support untuk membantu siswa dan guru matematika Indonesia belajar pendidikan matematika realistic Indonesia (PMRI). Jurnal Inovasi Perekayasa Pendidikan (JIPP), 2(1), 1–24.
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.253
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











