Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP

Desyana Desyana, Dwi Novita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan modul pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika pada materi segiempat dan segitiga untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Deli Tua. Subjek pada penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Deli Tua yang berjumlah 31 orang siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Thiagarajan (1974) yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini berupa lembar validasi ahli, lembar angket respon siswa dan tes kemampuan komunikasi matematika. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa: 1) Modul dinyatakan valid oleh ahli materi dengan persentase keidealan sebesar 87% dengan kriteria kelayakan sangat valid dan oleh ahli media dengan persentase keidealan sebesar 95% dengan kriteria kelayakan sangat valid; 2) Modul dinyatakan efektif berdasarkan penilaian oleh 31 orang siswa melalui angket respon siswa dengan persentase keidealan sebesar 80,67% dengan kriteria baik dan tes kemampuan komunikasi matematika oleh 16 orang siswa menunjukkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan modul sebesar 18,75% dan setelah menggunakan modul sebesar 68,75% dan uji n-gain score sebesar 0,75 yang termasuk kategori tinggi

Full Text:

PDF

References


Ajmain, Herna, & Masrura, S. I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika),12(1), 45–54.

Ambarwati, Anindika, A. P., & Mustika, I. L. (2018). Pernikahan Adat Jawa Sebagai Salah Satu Kekuatan Budaya Indonesia. Prosiding SENASBASA, 3, 17–22.

Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh Problem Posing Dan Pbl Terhadap Prestasi Belajar, Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7303

Baroody, A. J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating. New York: Mc. Milan.

Destrianti, S. (2019). Etnomatematika dalam Seni Tari Kejei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 116. https://doi.org/10.29300/equation.v2i2.2316

Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing realistic mathematics education.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707

Lestari, L., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Matematika Antara yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–108. https://media.neliti.com/media/publications/226571-perbandingan-kemampuan-pemecahan-masalah-5af4ead9.pdf

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development. Repository.Lppm.Unila.Ac.Id, 10.

Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2019). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389–400. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php.mosharafa

Oktavianingsih, S., & Warmi, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 480–491.

OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86

Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203–210. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.35

Rahmawati, C.-, & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemamampuan Komunikasi Siswa Menengah Terhadap Resiliensi Matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 147. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i3.p147-154

Shadiq, F., & Mustajab, N. A. (2010). Program bermutu. Daud, A., & Suharjana, A. (2010). Modul Matematika SMP Program Bermutu (Kajian Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP). Yogyakarta. PPPPTK Matematik.

Sullivan, P., & Mousley, J. (1996). Natural Communication in Mathematics Classroom: What Does It Look Like. Melbourne: Merga.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan makalah berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Bandung: UPI.

Turmudi. (2010). Pembelajaran Matematika Kini dan Kecenderungan Masa Mendatang. Matematika Sekolah Kini Dan Masa Mendatang, 28

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zulfah, Z., & Rianti, W. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Soal PISA 2015. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 49. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3064

Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2010). Pengembangan blog support untuk membantu siswa dan guru matematika Indonesia belajar pendidikan matematika realistic Indonesia (PMRI). Jurnal Inovasi Perekayasa Pendidikan (JIPP), 2(1), 1–24.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.253

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah