Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Kompetensi dan Motivasi Guru Matematika di Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Paini Paini, Abdul Mujib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap peningkatan kompetensi kerja guru matematika madrasah melalui MGMP guru matematika sekabupaten labuhanbatu selatan, 2) Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap motivasi kerja guru matematika madrasah melalui MGMP matematika guru matematika sekabupaten labuhan batu selatan, 3) Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh supervisi akademik, peningkatan kompetensi  terhadap motivasi kerja guru matematika madrasah melalui MGMP matematika guru matematika se kabupaten labuhanbatu selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta metode yang dipakai analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dieroleh: 1) Hasil penghitungan koefisien regresi sederhana diatas memperlihatkan nilai koefisien konstanta adalah sebesar 29.409 koefisien variabel bebas (X) adalah sebesar 0,748.  Sehingga adanya pengaruh supervisi akademik terhadap peningkatan kompetensi guru, 2) Hasil penghitungan koefisien regresi sederhana diatas memperlihatkan nilai koefisien konstanta adalah sebesar 0,292 koefisien variabel bebas (X) adalah sebesar 0,902. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh supervisi akademik terhadap peningkatan motivasi kerja guru, 3) diperoleh persamaan regresi Y= 46,393+3,443 X1-3,481. Maka dapat disimpulkan supervisi akademik berpengaruh penting terhadap kompetensi tetapi tidak berpengaruh tehadap motivasi kerja guru

Full Text:

PDF

References


Riastuti, D. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Guru PAI Terhadap Kinerja Guru Di SDN Kabupaten Sukoharjo. (Tesis). Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Salatiga.

Sanoto, D. Angelica, T. (2021). Hubungan antara Supervisi Akademik dengan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 105–110.

Saragih, A. H. (2015). Kompetensi Minimal Seorang Guru. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 5(1), 23–34




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.249

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah