Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Strategi Guru Keliling (Guling) Pada Masa Pandemi

Nuraini Lubis, Rita Destini

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menerapkan proses pembelajaran matematika dengan strategi Guru Keliling (Guling)  dalam  pembelajaran matematika  menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMPN 3 Pulau Rakyat Asahan Sumatera Utara. Teknik analisis data dilakukan dengan triangulasi dari observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru keliling ini efektif dilaksanakan bagi siswa yang lokasinya jauh dari kota yang tidak memiliki handphone atau laptop sebagai sarana pembelajaran dimasa pandemi ini. Siswa merasa senang, karena ada sarana belajar dan bertanya kepada guru dan teman satu kelas.

Full Text:

PDF

References


Fauzan, M. (2017).Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1), 27–35

Humairoh, D., Azura, D. P., Harahap, L. P. D., Aisawa, R., Sari, S. A., Anggraini, T., & Mujib, A. (2020). How To Calculate The Squared Number?. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(1), 18-25.

Irawati, I., Dewi, S. K., Sakinah, A., Tanjung, I. L. F., Wahyuni, D., Siregar, N. A., & Mujib, A. (2020). Metode Perkalian Silang Versus Metode Perkalian Latis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(1), 34-41.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.247

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah