Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Pisa dan Kemandirian Belajar Siswa Mts. Al-jamiyatul Washliyah Tanjung Morawa

Ainur Sakinah Nasution, Firmansyah Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Blended Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan matematis berbasis pisa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah merupakan penelitian dengan metode campuran (mixed methods), yaitu penelitian yang mengkombinasikan atau mengasosiasikan bentuk kualitatif dan kuantitatif. Desain embedded digunakan untuk pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif secara simultan namun satu data merupakan pendukung data lainnya. Sebagai data pendukung dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs.Al-Jamiyatul Washliyah Tanjung Morawa dengan jumlah sampel 30 diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes kemampuan pemecahan masalah berbasis pisa  berbentuk uraian sebanyak 3 soal. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Blended Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis pisa pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Hal ini dapat dilihat dari hasil skor pretest dan postest kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis pisa

Full Text:

PDF

References


Murtiyasa. (2016). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), 3(8), 199–209.

Stockwell, B. R., Stockwell, M. S., Cennamo, M., & Jiang, E. 2015. Blended learning improves science education. Cell, 162(5), 933-936.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.246

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah