Pembelajaran Literasi dan Numerasi Berbasis Pola Hidup Sehat

Nia Wahyu Damayanti, Dian Utami Ikhawaningrum, Fuat Fuat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran literasi dan numerasi berbasis pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang dilaksanakan pada kegiatan ini terintegrasi dengan pembelajaran. Misalnya pada kegiatan penelitian ini dilaksanakan di akhir pembelajaran yaitu minum susu dan dan  menggosok gigi. Pembelajaran yang dilaksanakan pada kegiatan ini adalah secara luring terbatas dengan desain outdoor learning. Outdoor learning yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang dilaksanakan di luar kelas secara terbuka dan lingkungan yang mendukung pembelajaran. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar yang berada di kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa antusias dan senang dengan pembelajaran yang dilaksanakan di luar kelas. Pembelajaran dilaksanakan dengan media kue untuk membentuk huruf dan menghitung banyak kue yang dibutuhkan untuk membentuk huruf tersebut. Siswa juga melakukan penjumlahan bilangan dengan bantuan jari. Terdapat siswa yang sudah lancar dalam membentuk huruf dan menghitung hasil penjumlahan. Namun juga terdapat siswa yang masih kesulitan dalam menghitung dan menuliskan bilangan yang merupakan hasil operasi penjumlahan

Full Text:

PDF

References


Ate, D. and Lede, Y. K. (2022) ‘Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), pp. 472–483. doi: 10.31004/cendekia.v6i1.1041.

Damayanti, N. W. and Ikhwaningrum, D. U. (2022) ‘Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Berbasis Aktivitas Pola Hidup Sehat’, 6(3), pp. 1–5.

Dyah Worowirastri Ekowati; et al. (2019) ‘ELSE (Elementary School Education Journal) LITERASI NUMERASI DI SD MUHAMMADIYAH’, ELSE (Elementary School Education Journal), 3(4), pp. 93–103.

Fiangga, S. et al. (2019) ‘Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo’, Jurnal Anugerah, 1(1), pp. 9–18. doi: 10.31629/anugerah.v1i1.1631.

Herawati, et all (2015) ‘Herawati: Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar’, pp. 1–6.

Maghfiroh, F. L. et al. (2021) ‘Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(5), pp. 3342–3351. Available at: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341.

Manguni, D. W. (2022) ‘Teknik Membaca Scanning Dalam Pengembangan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Anak Di Sekolah Dasar’, SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA VOL 3 NO 1 JANUARI 2022, 3(1), pp. 59–70.

Nurjanah, Maya, et all (2022) ‘Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik’, Muallimuna:Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, pp. 87–98.

Pangesti, F. T. P. (2018) ‘Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots’, Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), pp. 566–575. Available at: http://idealmathedu.p4tkmatematika.org.

Ratnasari, E. M. (2020) ‘Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini’, ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), p. 182. doi: 10.21043/thufula.v8i2.8003.

Rohim, D. C., Rahmawati, S. and Ganestri, I. D. (2021) ‘Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa’, Jurnal Varidika, 33(1), pp. 54–62. doi: 10.23917/varidika.v33i1.14993.

Widiastuti, E. R. and Kurniasih, M. D. (2021) ‘Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), pp. 1687–1699. doi: 10.31004/cendekia.v5i2.690




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.245

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah