Analisis Problematika Penggunaan Google Classroom Sebagai Sarana Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Rizkha Dini Wahyuni, Nurdalilah Nurdalilah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui yang menjadi kendala atau masalah dalam penggunaan aplikasi google classroom terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.dengan kajian kepustakaan (library research). kegiatan penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan  informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada diperpustakaan seperti hasil penelitian sebelumnya yang sejenis, artikel, catatan, serta berbagai jurnal yang berkaitan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Guru mengalami kendala dalam penguasaan aplikasi Google Classroom, serta Problematika yang dialami siswa hampir 80% dikarenakan koneksi jaringan internet yang kurang stabil. Dapat dilakukan penelitian yang lebih mendetail lagi mengenai permasalahan atau problematika yang terjadi pada aplikasi Google Classroom yang menjadi sarana pembelajaran disekolah

Full Text:

PDF

References


Amin, A., & Suardiman, S. P. (2016). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar dan Model Pembelajaran. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 12-19.

Bawanti, N. M. D. C., Tegeh, I. M., & Suwatra, I. W. (2019). Hubungan sarana pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS. International Journal of Elementary Education, 3(3), 335-343.

Candra, B. Y. (2019). Problematika Pendidikan Agama Islam. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 134-153

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Utilization of Google Classroom-Based Learning Management System in Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78-86.

Latifah, R. (2021). Problematika Guru dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Yogyakarta. Polynom: Journal in Mathematics Education, 1(1), 36-43.

Noor, H. A. (2021). Problematika Guru dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika di MIN 1 Banjarmasin. Skripsi, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Nurhidayah, D. A. (2016). Pengaruh motivasi berprestasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13-20.

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60-69.

Sawianti, I., Musdalifah, M., & Susdiyanto, S. (2019). Pengaruh Sarana Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru. Manajemen Pendidikan, 14(1), 1-7.

Sewang, A. (2017). Keberterimaan Google Classroom sebagai alternatif Peningkatan Mutu di IAI DDI Polewali Mandar. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 1(1), 35-46.

Susiana, S. (2017). Problematika Pembelajaran PAI di SMKN 1 Turen. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 73-88




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.244

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah