Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kecerdasan Interpersonal Berbasis Dalihan Na Tolu

Aulia Aprilia, Dwi Novita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan modul yang mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan kecerdasan interpersonal berbasis Dalihan Na Tolu pada 16 siswa kelas VII A SMP Ulun Nuha Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) dengan model penelitian yang diajukan Thiagarajan, Semmel & Semmel yang dikenal model 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara analisis kuantitatif untuk menghitung persentase kelayakan modul. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kevalidan, keefektifan dan kepraktisan modul yang dikembangkan. Modul dinyatakan valid oleh ahli media dengan perolehan persentase kelayakan sebesar 66,3% kategori baik dan ahli materi dengan persentase kelayakan sebesar 95% kategori sangat baik. Modul dinyatakan efektif berdasarkan aktivitas siswa dan penilaian oleh siswa dengan perolehan persentase kelayakan sebesar 84,9% kategori sangat baik. Modul dinyatakan praktis berdasarkan penilaian oleh guru dengan perolehan persentase kelayakan 97,2% kategori sangat baik

Full Text:

PDF

References


Barseli, M., Sembiring, K., Ifdil, I., & Fitria, L. (2019). The concept of student interpersonal communication. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(2), 129–134.

DOI: https://doi.org/10.29210/02018259

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.

DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Hasibuan, S. A., & Hasibuan, S. S. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Matematika Berbasis Budaya Mandailing dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 141–152.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-18

Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. (B. S. Fatmawati, Ed.) Jakarta: Bumi Aksara.

Mahmuzah, R., & Aklimawati (2016). Pembelajaran Problem Posing untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Didaktik Matematika, 3(2), 67–74.

Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri remaja. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(1), 32–37. DOI: https://doi.org/10.29210/140800

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for school Mathematics. Reston,Va.: NCTM.

Noviyanti, M. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kanisius Gayam Yogyakarta Kelas VII C Dalam Konteks Operasi Hitung Bentuk Aljabar. (Skripsi). FKIP, Sanata Dharma, Yogyakarta.

Sinaga, B, & Nababan, M. (2008). Pengembangan model pembelajaran matematika berdasarkan masalah berbasis budaya batak (PBM-B3). Diperoleh dari http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19767




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.236

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah