Pengaruh Kecemasan Matematis dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Sella Tanzila, Haryati Ahda Nasution

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) mengetahui pengaruh antara kecemasan matematis dengan hasil belajar matematika, (2) mengetahui pengaruh antara belief matematika dengan hasil belajar matematika, (3) mengetahui pengaruh antara kecemasan matematis dan belief matematika secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa, tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 dan X MIA 3 yang berjumlah 64 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling. Jenis data kuantitatif yang digunakan  berupa kecemasan matematis, belief matematika dan hasil belajar matematika. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, didapat bahwa nilai signifikansi untuk kecemasan matematis sebesar  , dan nilai signifikansi untuk belief matematika sebesar . Ini berarti bahwa secara parsial faktor kecemasan matematis dan belief matemtika memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Sedangkan berdasarkan uji analisis regresi berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar  dengan nilai signifikansinya    sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematis dan belief matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Diperoleh nilai R2 sebesar , artinya  perubahan pada hasil belajar matematika siswa secara bersama-sama dengan kecemasan matematis dan belief matematika, sedangkan sisanya dijelaskan oleh berbagai macam variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini


Full Text:

PDF

References


Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-faktor Penyebab Kecemasan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 10.

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125–132.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6.

Imran, A. P., Kadir, K., & Anggo, M. (2019). Analisis literasi matematik dan keyakinan matematik siswa sma negeri di kota kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 159–168.

Isharyadi, R., & Deswita, H. (2017). Pengaruh mathematical beliefs terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA. Pythagoras: Journal of the Mathematics Education Study Program, 6(1).

Kloosterman, P., & Frances, K. S. (1992). Measuring about Beliefs Mathematical Problem Solving. School Science and Mathematics Academic Research Library, hlm 109.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Rifai, M. E. (2018). Pentingnya Kepercayaan Diri dan Dukungan Keluarga dalam Kecemasan Matematika. Sukoharjo: CV Sindunata.

Rozaqi, R., Hamdani, H., & Rustam, R. (2020). Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Belief About Mathematics Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3).

Sari, I. P., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Belief Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 2(7).

Schoenfeld, A. H. (1989). Explorations of Students’ Mathematical Beliefs and Behavior. Journal for Research in Mathematics Educations, 20(4), 338.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syarifah, L. L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Belief Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 2(2)




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.233

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah