Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik

Weni Pradella, Saiful Bahri

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematispeserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran matematika realistik lebih baik dibanding dengan peserta didik yang di ajarkan dengan pembelajaran langsung. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian berupa quasi eksperiment, dengan desain penelitian berupa  pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA-3 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas X MIA-2 sebanyak 34 orang sebagai Kelas eksperimen, sampel ini di ambil dari keseluruhan peserta didik kelas X MIA SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan tes pemahaman konsep matematis dan angket disposisi matematis. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh nilai signifikan uji-t tes pemahaman konsep matematis sebesar  dan nilai signifikan uji-t angket disposisi matematis sebesar . Berdasarkan nilai signifikan yang diperoleh maka terbukti bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis peserta didik yang diajarkan dengan pembelajarana matematika realistik lebih baik dibanding dengan peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran langsung.

Full Text:

PDF

References


Asnawi. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di SMP Negeri 2 Takengon. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Medan.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.228

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah