Analisis Disposisi Matematika Siswa MTs Swasta Citra Amanah Melalui Pembelajaran Berbasis Edmodo

Novia Atta Hira, Amanda Syahri Nasution

Abstract


Disiposisi matmatika merupakan kecenderungan terhadap kepercayaan diri, tekun dan minat dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Tujuan studi ini untuk mengetahui disiposisi matematika siswa MTs swasta citra amanah melalui pembelajaran berbasis edmodo. Jenis studi ini ialah studi kualitatif dengan metode naratif. Studi ini dilakukan di sekolah MTs swasta citra. Subjek penelitian artinya peserta didik kelas VIII-1 menggunakan pengambilan sampel dilakukan memakai teknik purposive supling. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan penulis ialah angket serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disposisi matematika siswa dikategorikan sedang dari seluruh indikator. Indikator yang dikuasai oleh siswa adalah indikator dua, tiga, enam dan tujuh. Keempat indikator tersebut adalah fleksibel dan mencoba berbagai alternatif dalam memecahkan masalah, tekun mengerjakan tugas matematik, menilai aplikasi matematika dan penghargaan terhadap peran matematika.

Full Text:

PDF

References


Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP Pada Materi STatistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 4(1), 1-7.

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). Jurnal Pendidikan Matematika , 3(1), 59-66.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Kurniasih, R., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Edmodo Untuk Meningkatkan Level Berpikir Probabilistik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika , 4(10), 961-972.

Kusmaryono, I., & Dwijanto, D. (2016). Peranan representasi dan disposisi matematis siswa terhadap peningkatan mathematical power. JIPMat, 1(1).

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Jurnal “Mosharafa” , 6(2), 287-298.

Widyasari, N., Dahlan, J. A., & Dewanto, S. (2016). Meningkatkan kemampuan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan metaphorical thinking. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika , 2(2), 28-39




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.215

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah