Pengembangan Modul Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral

Yeni Listiana, Wulandari Wulandari, Aklimawati Aklimawati, Erna Isfayani

Abstract


Kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya modul kalkulus integral dengan penyelesaian soal berbantuan Software GeoGebra di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Sehingga dianggap perlu untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan modul yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi dan penilaian ahli media, kepraktisan berdasarkan respon mahasiswa serta keefektifan modul berdasarkan ketuntasan belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain ADDIE. Hasil penelitian: (1) Validasi ahli materi sebesar 95% (sangat valid) dan reliabilitas 85,71% (sangat baik), (2) Validasi ahli media bernilai 96,36% (sangat valid) dengan reliabilitas sebesar 90,48% (sangat baik), (3) Hasil analisis angket respon mahasiswa sebesar 92,9% (uji coba terbatas) dan sebesar 89,15% (uji coba lapangan), artinya modul yang dikembangkan sangat praktis bagi mahasiswa, (4) Ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal sebesar 100%. Dengan demikian, modul berbantuan Software GeoGebra pada mata kuliah Kalkulus Integral dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.

Fonna, M., & Mursalin. (2018). Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berbantuan Wingeom Software untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 6 No 3.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Cetakan 2. Malang: Literasi Nusantara.

Isharyadi, R., & Ario, M. (2018). Pengembangan Modul Berbantuan GeoGebra pada Perkuliahan Geometri Transformasi. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 1 Nomor 1.

Rismaini, L., Debby, E., & Syelfia, D. (2019). Pengembangan Handout Berorientasi Strategi Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 19 Nas Sabaris. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia, 4(2) Desember.

Rohman, M. (2016). GeoGebra Software Alat Bantu Pembelajaran matematika. Retrieved from Mathzone: http://www.mathzone.web.id

Saputra, E., Bahri, S., & Effan, F. (2019). Pemanfaatan Software GeoGebra pada Mata Kuliah Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Arsitektur Universitas Malikussaleh. Jurnal Numeracy, Vol 6 No 2.

Sari, F. d. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan GeoGebra Pokok Bahasan Turunan. Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 7 Nomor 2.

Sundayana, H. (2013). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Tageh, M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.204

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah