Analisis Hasil Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP-IT Darul Istiqlal
Silvia Sedayu Raihan, Saiful Bahri
Abstract
Artikel ini merupakan merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar terhadap kemampuan penalaran matematika siswa dan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa. Pendekatan dalam penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Darul Istiqlal. Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh melalui pemberian tes soal kemampuan penalaran matematika siswa agar dapat mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 1 orang siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematika dengan kategori kurang, ada 2 orang siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematika dengan kategori cukup, ada 8 orang anak yang memiliki kemampuan penalaran matematika dengan kategori baik, dan ada 9 orang anak yang memiliki kemampuan penalaran matematika dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tersebut memiliki kemampuan penalaran yang berbeda.
References
Setiawati, T., Muhtadi, D., & Rosaliana, D. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Soal Aplikasi. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 748-753.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wantika. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Kecemasan Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas X Di SMA Muhammadiyah 1 Kota Agung Kab. Tanggamus Tahun Pelajaran 2016/2017. UIN Raden Intan Lampung.
DOI:
https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.200
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah



