Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Alat Peraga Magnetic Ball Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII

Indah Widyaningrum, Widiawati Widiawati, Liza Juwita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan alat peraga magnetic ball terhadap hasil belajar matematika siswa pada  materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Muhammadiyah Jarai tahun Pelajaran 2020/2021.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Dengan Sampel siswa diantaranya 33 siswa Kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas VIII.F sebagai kelas kontrol. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Muhammadiyah Jarai tahun pelajaran 2020/2021. Data tersebut diolah dengan menggunakan uji statistik t. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat rata-rata  siswa kelas Eksperimen (VIII.A) yaitu 67,03 dan  nilai rata-rata siswa kontrol (VIII.F) yaitu 52,59. Data tersebut diolah menggunakan statistic uji-t satu pihak. Berdasarkan analisis data maka diperoleh = 5,64 dan   yaitu 1,69 taraf signifikan α yaitu 5% dapat dilihat bahwa t = 5,64 1,69, maka  ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Jarai  Tahun Pelajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

References


Affaf, M. (2016). Konstruksi Baru Untuk Triple Pythagoras. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M). 2(1), 69-78.

Ardianto, A., dkk. (2019). Penaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika). 1(1). 31-37.

Binangun, dkk (2016), Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM , 1(2), 204-214.

Fitriyah. Murtadlo, A., Warti. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi. 9(2). 108-112.

Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Msalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pembelajaran matematika inovatif (JPMI). 1(3). 415-426.

Nugrahaeni, A., dkk. (2017). Penerapan Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Pendidikan Kimia Indonesia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia .1 (1).

Rahma, Annisa. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal). 2(1).

Rahman. L., dkk. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. Juring (Journal In Matematics Learning). 2(1). 001-010.

Rohmah, A, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa MTS Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pembelajaran matematika inovatif (JPMI). 3(5), 433442.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, (2016). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Widiawati, Rahayu, C, Widyaningrum, I. (2018).Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bola Di Kelas IX. Jurnal Akrab Juara, 3(3), 93-101




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.197

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah