Peran Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Budaya Kerja Guru Pada MTsN 1 Bener Meriah

Sinerjaya Sinerjaya, Awaludin Fitra

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bener Meriah di Kabupaten Bener Meriah. Subjek penelitian adalah  6 orang Guru MTsN 1, 2 orang pegawai Kemenag, yakni 1 orang Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah, dan 1 orang Kabbag bidang Pendidikan atau Madrasah. Subjek penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik yang diselesaikan dalam penelitian ini melalui Observasi; Wawancara; Catat dan Rekam; Dokumentasi, hasil ini diselesaikan dengan cara analisa. Kajian ini menemukan bahwa Peran Supervisi Kepala Sekolah Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Kerja Guru di  MTsN 1 Bener Meriah dan MTsN Simpang Tiga sangat berpengaruh terhadap peningkatan Budaya kerja guru. Untuk meningkatkan budaya kerja Guru maka supervisor perlu menerapkan: Menciptakan kondisi Guru punya rasa aman dan hidup layak, kondisi kerja yang menyenangkan, Membuat Guru merasa diikutsertakan, Memperlakukan Guru secara wajar, Membuat Guru Merasa mampu, Memberikan pengakuan dan penghargaan atas sumbangan yang ia berikan, dan kesempatan kepada Guru untuk merasakan dihargai

Full Text:

PDF

References


Efferi, A. (2015). Model Pendidikan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Quality : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 237–256.

Lexy J. M. 2007. “Metode Penelitian kualitatif”, Cet. IV, Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mulyasa, E. 2004. “Menjadi Kepala Sekolah Profesional”. Remaja Rosdakarya: Bandung

Mulyasa, E. 2014. “Menjadi Kepala Sekolah Profesional, dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK”, Remaja Rosdakarya: Bandung.

Nurfatah, & N. R. (2018). Pelaksanaan Supervisi Oleh Kepala Sekolah. 3(1), 137–148.

Piet A. S. 2000. “Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia”, Rineka Cipta: ,Jakarta.

Preston, P dan Thomas W. Z. 1999. “Management for Supervisors” Prentice Hall Inc: New Jersey.

Prasetyo, A. 2014. Kontribus Motivasi Berprestasi dan Supervisi Kepala Sekolah, Terhadap Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sumowo Kabupaten Semarang, Tesis.

Tilaar, H. A. R 1999. “Beberapa Agenda Refomasi Pendidikan Nasional Dalam Persepektif Abad 21” . Tera Indonesia: Magelang:

Umar, H. 2013. “Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis”, Ed II, Raja Gravindo Persada: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.196

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah