Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi lebih baik daripada siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvesional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan Pretest-PosttestControl Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lhoksukon dan sampelnya sebanyak dua kelas. Sampel dipilih secara sampling purposive yaitu kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan bantuan video animasi dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvesional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Sig (p-value) > α (0,05), maka diterima yaitu 0,110 pada kelas kontrol dan 0,914 kelas eksperimen sehingga data bertribusi normal. Analisis uji-t kemampuan koneksi matematis siswa di peroleh 0,006 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dengan bantuan video animasi lebih baik dari pada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvesional. Pengolahan data mengunakan spss versi 18. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang di ajarkan melalui model pembelajaran PBL dengan dengan bantuan video animasi lebih baik dari pada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas X SMK Negeri 1 Lhoksukon.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Choirunnisa. 2016. “Keefektifan Media Video Animasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Posisi Bulan Siswa Kelas IV SD Negeri Proyonanggan 01Batang.”Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Erlina. 2013. Membuat Media Mengajar Visual. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kadir dan, Mayjen. 2013. Mathematical Communication Skills of Junior Secondary Scholl Students in Coastal Area. Jurnal Teknologi: Social Sciences. Tersedia (Online) http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains
Kusuma. 2008. Indikator Kemampuan Koneksi Matematis Siswa.
Mayer, Richard E. 2009. Multimedia Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
NCTM. 2000. Principles And Standards For School Mathematics. Unimed States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nurlaila. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Segi Empat Dan Segitiga Di Kelas VII UPTD Smp Negeri 1 Matangkuli”. Skripsi. Aceh Utara: Universitas Malikussaleh
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saepuloh, A.R. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Untu Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia”.Skripsi.
Triyadi. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada KompetensiSistem Bahan Bakar Kelas XI TKR SMK Muhamadiyah Prambanan”. Skripsi. Prambanan: Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i2.150
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











