Pengaruh Penggunaan Aplikasi Maple Terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan aplikasi Maple terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah matematika ekonomi pada materi Fungi linier dalam ekonomi dan bisnis di semester V FKIP UNA. Pengambilan sampel total yaitu kelas V Asebagaii kelasi eksperimeni dan kelas V Bsebagaii kelasi controll dimanai masing-masing kelasi berjumlahi 30 imahasiswa. Instrumen pre-test maupuni post-test berbentuki essay masing-masingi 5 isoal. Darii hasill analisisi datai iyang dilakukani rata-ratai nilaii yang diperolehi mahasiswa padai kelasi eksperimeni untuk ipre-test 78,666 dani 9,553 sedangkani untuk ipost-test 81,8333 dan 10,127. Untuki rata-ratai nilaii dari kelasi kontroli untuki ipre-test 71,8333 dan 10,462 sedangkani untuki ipost-test 74,666 dan 10,499. Darii ianalisis datai idengan menggunakani iuji padai itaraf nyatai 0,05 diperolehi thitung = 0,353 dan ttabel 2,00. Ternyata thitung ttabel maka H0 ditolaki idani isebaliknya Ha iditerima. Sehingga diperolehi isimpulan dimanai iterdapat pengaruhipenggunaan aplikasi Mapleiterhadap hasillbelajar mahasiswa padai imatakuliah matematikai ekonomi di semester V prodi pendidikan matematika FKIP UNA.
Kata kunci: maple; fungsi linier
Full Text:
PDFReferences
Perdani, H. N., & Azka, R. (2019). TEKNOLOGI DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA GENERASI MILENIAL. PROSIDING SENDIKA, 5(1).
Putri, I. G. A. V. W., & Santika, I. D. A. D. M. (2016). PERANANAN IPTEK DALAM PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA (BAHASA INGGRIS) PADA MASYARAKAT KUTA SELATAN.
Sapta, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Sukubanyak Melalui Model Pembelajaran Quiz Team Berbantuan Aplikasi Maple. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 166-170.
Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.
Azmi, N. 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Fungsi Invers dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aplikasi Maple di Kelas XI Semester II SMA Negeri 4 Kisaran TP 2012/2013”. Skripsi tidak diterbitkan. Kisaran: FKIP UNA
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada..
Pratama, R.P. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Pendekatan Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Lingkaran. Jurnal Mathematics Paedagogic..II. (1):139-145.
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Siahaan, E. 2015. “Pengaruh Metode Pembelajaran Aplikasi Maple Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Persamaan Kuadrat di Kelas X SMK Swasta Daerah Sei Bejangkar Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi tidak ditrbitkan. Kisaran: FKIP UNA.
Sukmawarti, 2013. Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika. Medan: Bahan Kuliah Untuk Kalangan Sendiri.
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v3i1.140
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











