Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Pada Pembelajaran Berbasis Masalah

Wulandari Wulandari, Yeni Listiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) tingkat kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematik, dan 2) Kesulitan metakognisi yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematik pada pembelajaran berbasis masalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Binjai. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah yang diberi pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kategori tinggi berada pada level metakognisi Strategic Use, kategori sedang berada pada level metakognisi Aware Use, dan kategori rendah berada pada level metakognisi tacit Use. 2) Kesulitan metakognisi yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematis meliputi kesulitan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur.

References


Abdurrahman, M. (2012).Education of Children that Difficult to Study. Jakarta: Rineka Cipta

Aljaberi, N.M & Eman Gheith. (2015). University Student’s Level of Metacognitive Thinking and their Ability to Solve Problems. Jurnal: American International Journal of Contemporary Research, 5(3).

Arends, Richard I. (2008). “Learning to Teach”. New York: Mc Graw Hill Companies.

Arends, R.I. (2012). Learning to Teach, 9thEdition. New York: McGraw-Hill, a business unit of The McGraw-Hill Companies, Inc.

Eggen, P. & Kauchak, D. (2012).Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Hoe, L.N. dkk.(2001). The Role of Metacognition in the Learning of Mathematics Among Low Achieving Students. Singapore: Institude of Education Teaching and Learning, 22(2)18-30.

Jayapraba, G. (2013). Metacognitive Instruction and Cooperative Learning-Strategies For Promoting Insightful Learning In Science.Research Scholar.University Tirunelveli India.International Journal on New Trends in Education and Their Implications. 4(5):165-172.

Moleong, L.J. (2014). Metodologi Peneltian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustafa, dkk. (2017). Development of Learning Devices Through Problem Based Learning Model to Improve Students Metacognition Skill at SMPN 17 Medan. Journal Education and Practice.8(24), 34-41.

North Central Regional Educational Laboratory (NCREL).(2007). Metacognition.(Online)

Ontario Ministry of Education., (2006), A Guide to Effective Instruction In Mathematics Kindergarten to Grade6, Volume Two: Problem solving and Communication, Toronto: Ontario

Özcan, Z. Ç. & Erktin, E. (2015).Enhancing Mathematics Achievement of Elementary School Students through Homework Assignments Enriched with Metacognitive Questions. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education.Vol.11(6): 1415-1427.

Polya, G. (1985). How to Solve It 2nd ed Princeton. University Press: New Jersey.

Savery, J.R. (2006).Overview of Problem-based Learning: Definitions andDistinctions, Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning,Volume 1.

Sinaga, B. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBM – B3). Disertasi PPs Universitas Negeri Surabaya.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta

Tan, Chin Pei; Van der Molen, H.T; Schmidt, H.G. 2015.To What Extent doesProblem Based Learning Contribute to Students’ Professional IdentityDevelopment?. Singapore: Elsevier LTd.

Trianto.(2009). Model Mendesain Model Pembelajaran Innovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

William, dkk.(2016). What We Think We KnowAbout the Tutor in Problem Based Learning. Australia: Elsevier LTd




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i1.131

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah