Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Haryati Ahda Nasution, Nurdalilah Nurdalilah, Hizmi Wardani

Abstract


Dasar penelitian ini dilakukan karena melihat kemampuan komunikasi matematis yang bisa dikatakan belum begitu dapat dipahami oleh siswa sehingga penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi exsperiment.dengan menggunakan.Pretest Posttest Control Group design. Hasil dari penelitian ini diawali dengan memperoleh rata-rata dan standar deviasi, sebelum melakukan proses pembelajaran adalah 8,03 dan 2,078 untuk kelas eksperimen dan 6,46 dan 2,17 untuk kelas kontrol. Namun, setelah dilakukannya proses pembelajaran maka diperoleh rata-rata dan standar deviasi dari kelas pembelajaran berbasis masalah adalah 15,57 dan 2,09 dan kelas pembelajaran langsung 12, 73 dan 2.22. Uji hipotesis menggunakan uji T-test yaitu independent samples test berbantu aplikasi SPSS dan taraf siginifikansi sebesar 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai sig (2 tailed) yaitu 0,000 < α = 0,05 artinya H0 ditolak dan Haditerima. Dalam hal ini, dapat dinyatakan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

References


Chester, M. D. (2014). PISA 2012 Results. Massachusetts Department of Elementary and Secondary Education.[Online ….

Choridah, D. T. (2013). Peran pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 194–202.

Herman, T. (2007). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa sekolah menengah pertama. Educationist, 1(1), 47–56.

Husnidar, H., Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Madio, S. S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp Dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 10(2), 93–108.

Nasution, H. A. (2013). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Langsung pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. UNIMED.

Ningrum, R. K. (2017). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan problem based learning berbasis flexible mathematical thinking. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 213–222.

Noer, S. H. (2010). Peningkatan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan reflektif (K2R) matematis siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari, L. S. P., & Rahadi, M. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 143–150.

Sinabariba, R. B. (2017). PERANAN GURU MEMILIH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.

Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 1(1), 1–9.

Undang-Undang, R. I. (2003). No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 9.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9.

Wahidin, U. (2017). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i1.130

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah