Penerapan Modul Matematika Warisan Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar di MTS. Pondok Pesantren K.H. Ahmad Dahlan Sipirok

Masdelima Azizah Sormin

Abstract


Tujuan dalam penelitian untuk menerapan Modul Matematika Warisan Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar di MTs. Pondok Pesantren K.H. Ahmad Dahlan Sipirok. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII- 1  dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Modul Matematika Warisan Berbasis Masalah dan kelas VIII- 2 dijadikan sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Matematika Warisan pembelajaran konvensional. Hasil Belajar Siswa meningkat dapat dilihat dari hasil uji N-Gain  pada kelas eksperimen diperoleh jumlah nilai N-Gain sebesar 14,01 dan mencapai kriteria “Sedang”. Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan modul matematika warisan berbasis masalah dan matematika warisan pembelajaran konvensional dapat dilihat dari hasil posttest diperoleh bahwa thitung  > ttabel atau 3,89 > 1,685 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan modul matematika warisan berbasis masalah dan ada perbedaan antara pembelajaran menggunakan modul matematika warisan berbasis masalah dengan matematika warisan pembelajaran konvensional di MTs. Pondok Pesantren K.H. Ahmad Dahlan Sipirok

References


Fachrurazi, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik. UPI, 2011.

M. A. Sormin and M. R. Y. Sormin, “The Effect of Mathematics on Heritage Calculations Through Problem-Based Learning in MA Pondok Pesantren Al-Azhar Biibadillah Tahalak Kecamatan Batang Angkola,” FITRAHJurnal Kaji. Ilmu-ilmu Keislam., 2020, doi: 10.24952/fitrah.v5i1.1811.

M. A. Sormin and N. Nurasahara, “PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA,” EKSAKTA J. Penelit. dan Pembelajaran MIPA, 2019, doi: 10.31604/eksakta.v4i1.41-48.

N. Rahmah, “Hakikat Pendidikan Matematika,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, 2018, doi: 10.24256/jpmipa.v1i2.88.

S. Nurhasanah and A. Sobandi, “MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, 2016, doi: 10.17509/jpm.v1i1.3264.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i1.128

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah