Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa

Lismawati Hasibuan, Saiful Bahri, Amanda Syahri Nasution, Agus Makmur

Abstract


Quantum teaching adalah pengubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan di sekitar momen belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap motivasi belajar siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah literatur kepustakaan (library research) sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu dengan menelaah jurnal, artikel dan skripsi yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Dari hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh  model pembelajaran quantum teaching terhadap motivasi belajar siswa sebesar 85% dan terdapat hasil belajar matematika siswa sebesar 76%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan adalah 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap motivasi belajar siswa. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar matematika siswa.

References


Arifin, Khoirul. 2019. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas V MI Raudlatul Ulum Kab.Probolinggo. Tesis. Malang: Universitas Islam Negeri maulana Malik Ibrahim.

Efendi, Sultan. 2017. Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Negeri 1 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam negeri Mataram.

Khatimah, Husnul. 2016. Respon Siswa Selama Bermain Game Melalui Penerapan Model Quantum Teaching Pada Materi Pecahan Di Kelas V Sd. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala

Khairani, dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Diintegrasikan Dengan Kartu Tangram Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal FIBONACCI Pendidikan Matematika & Matematika, Vol 2 (1).

Khoiriyah, Ninda Um. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Garis dan Sudut pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Tulungagung. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeritulungagung.

Putri, Chintya dkk. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education. Volume 3 (2) : 159-168.

Rokhmah, Siti Fatikhatur. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching And Learning Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Geometri Siswa Kelas VII di MTs AL-MA'ARIF Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan

Safrina, Yenny. 2017. Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Quantum Teaching Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016/2017. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala.

Sapitri, D. 2017. Konsep Pendidikan Islam dalam Studi Perbandingan Jalaluddin Rakhmat dan Muhammad Rasyid Ridho. Skripsi. PAI, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Ula, Zeny K. 2017. Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Aljabar Di Mtsn Gandusari Blitar. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeritulungagung.

Ulya, Himmatul. 2016. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol.2 (1).

Yani, Winda dkk. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP IT Inayah Ujungbatu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Matematika, Volume 2(2).




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i1.127

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah