Penerapan Metode Computational Thinking Pada Kurikulum Aceh Untuk Mencapai Kognitif "Mencipta" di SMK Kota Lhokseumawe

Zahratul Fitri, Eka Utaminingsih

Abstract


Peningkatan kognitif siswa dalam memecahkan masalah algoritma pemograman sangatlah penting dikuasai berlatarbelakang ilmu teknologi informasi.Salah satu solusi pembelajaran menggunakan metode Computational Thinking.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Computational Thinkingdapat meningkatkan kognitif mencipta program siswa SMKN Lhokseumawe.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri pre-test, 3 siklus perlakuan, dan post test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK dikota Lhokseumawe sebanyak 25 siswa  yang terdiri dari 9 laki-laki dan 16 perempuan. 2 pertemuan diadakan dimana siswa harus mengikuti beberapa test menggunakan metode Computational Thinking.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan yang dilakukan oleh siswa dalam memecahkan algoritma pemograman. Hasil pre-test menunjukkan 27%siswa mendapat nilai ≤50,  69% siswa mendapat nilai 51-75; dan hanya sisanyanilai mereka ≥76, artinya nilai rata-rata kelas masihrendah, yaitu 54,10. Sedangkan setelah dilakukan Posttest, terlihat tidak ada siswa yang mendapat nilai kurang dari 50, hanya satu siswa yang mendapat nilai 73 dan sisanya berhasil mendapat nilai diatas 76. Dibandingkan Pre-Test, hasil PostTest menunjukkan skor rata-rata lebih baik meningkat hingga 79%. Hal tersebut menunjukkan bahwa Metode Computational Thinking dapat meningkatkan logika berfikir siswa dalam memecahkan kasus algoritma pemograman sehingga menghasilkan kognitif siswa dalam mencipta program computer.

References


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum 2013.

Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Provinsi Aceh.

Sugiyono, 2009.Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R & D).Bandung : Alfabeta.

PPPPTK-SB Yogyakarta, (2013), Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Pengawas Sekolah, Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kerbudayaan RI, Jakarta 2013.

PPPPTK SB Yogyakarta. 2013. “Pendekatan & Startegi pembelajaran” Bahan Ajar Diklat.

Calon Fasilitator TOT IN 2 Implementasi Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah dan Pengawas.

Lampiran IV, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013, Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.

Lazim M, 2013, Materi Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013, Yogyakarta, 2013.

Kurinasih, Imas dan Berlin Sani (B). 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Nana Syaodih Sukmadinata.(2000). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2009, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013, Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Shai Simonson. Theory of Computation.(Online), tersedia http://www.aduni.org/courses/theory/courseware/lect_notes/Lecture_Notes.pdf, diunduh 15 Mei 2016diunduh 10 Agustus 2016.

Horswill. 2008. What is Computation.(Online), tersedia :http://www.cs.northwestern.edu/~ian/What%20is%20computation.pdf, diunduh 11 Agustus 2016.

Jeannette M. Wing. 2006. Computational Thinking, 49 (3). (Online), tersedia: http://cs50.wiki/file/view/What+is+Computational+Thinking+An+Article+by+Jeannette+Wing.pdf, diunduh 10 Agustus 2016

Jeannette M. Wing. 2010. Computational Thinking.(Online), tersedia: https://www.cs.cmu.edu/~CompThink/resources/TheLinkWing.pdf,diunduh 11 Agustus 2016




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i1.124

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah