Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Mutiara Ananda, Kms Muhammad Amin Fauzi, Firmansyah Firmansyah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan.Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran.Subjek uji coba terbatas perangkat pembelajaran adalah siswa kelas VII Mts Nurul Huda  Medan.Hasil penelitian berupa produk perangkat pembelajaran pada materi Segiempat di kelas VII Mts Nurul Huda  .Validasi perangkat pembelajaran berdasarkan pada pendapat para validator yang telah diuji secara terbatas keterbacaan dan disimulasikan dan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian telah diuji coba terbatas. Kepraktisan di analisis berdasarkan: (1) observasi keterlaksanaan pembelajaran; (2) responsiswa. Efektifitas di analisis berdasarkan: (1) ketuntasan minimum kemampuan komunikasi matematika siswa; (2) Keaktifan aktivitas siswa. Hasil menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis kontekstual yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual yang dikembangkan berhasil mengalami peningkatan dan indikator kemampuan komunikasi matematis paling meningkat adalah indikator kemampuan komunikasi matematis keempat yaitu membuat model matematika berdasarkan ide matematika yang diperoleh.

References


Agus, S. 2009. Coopertive Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Akker, J.V.D. 1999. Principles And Methods Of Development Research. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, E.K; Branch, R.M; dan Akker, J.V.D (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training (hlm. 1-14). London: Kluwer Academic Publisher

Ansari, B. 2009. Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena.

________. 2012. Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh : PENA

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Jilid Dua. (diterjemahkan oleh Soedjipto, Helly, P. dan Soedjipto, Sri, M.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S.2003, Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

_________. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Z.2012.Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Asikin, M. 2001. Komunikasi Matematika dalam RME. Makalah disajikan pada Seminar Nasional RME di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, tanggal 14-15 November 2001.

Balitbang. 2011. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. (Online).Tersedia:http://www.puskur.net/download/prod2007/50_Kajian%20Kebijakan%20Kurikulum%20Matematika.pdf (Diakses 10 September 2014)

Bao, L. 2006. Theoretical Comparisons Of Average Normalized Gain Calculation. Physics Education Research, 74(10):917-922.

Belawati, T. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Bornok dkk. 2014. Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia

Budiningsih, A. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta

Collette, A.T. and Chappetta, E.L. 1994, Science Instruction in the Middle and

Creswell, J. W. 2014. Research Design: qualitative, and mixed methods approaches. USA: Sage Publications, Inc.

Dahar, R. W. 1991. Teori-teori Belajar. Bandung : PT Gelora Aksara Pratama

______________.(2011). Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Gelora Aksara Pratama

Darta. 2004. Pembelajaran Matematika Kontekstual dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Mahasiswa Calon guru. Tesis tidak diterbitkan. Bandung : UPI

Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta : Depdiknas

. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Pemerintah RI.

. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pemerintah RI.

. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, 23, 24, Tahun 2006 Tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

. 2008. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Jakarta: Depdiknas.

Dimayati. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Effendi, M. 2008. Analisis Kualifikasi Dan Kompetensi Profesi Guru Serta Upaya Pengembangannya Dalam Menyikapi UU Guru-Dosen. Malang: Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Eggen, P. D. dan Kauchak. 1988. Strategies for Teacher Teaching Content and Thinking Skills. New Jersey: Prentice Hall.

Fauziawati. 2015. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Self-Efficacy Siswa Menggunakan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Virtual Manipulative Di SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Tesis tidak diterbitkan. Medan : UNIMED

Grinnell, R. M. 1988, Social Work Reseach and Evaluation, Third




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i1.121

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah