Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agus, S. 2009. Coopertive Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Akker, J.V.D. 1999. Principles And Methods Of Development Research. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, E.K; Branch, R.M; dan Akker, J.V.D (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training (hlm. 1-14). London: Kluwer Academic Publisher
Ansari, B. 2009. Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena.
________. 2012. Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh : PENA
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Jilid Dua. (diterjemahkan oleh Soedjipto, Helly, P. dan Soedjipto, Sri, M.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S.2003, Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
_________. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Z.2012.Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Asikin, M. 2001. Komunikasi Matematika dalam RME. Makalah disajikan pada Seminar Nasional RME di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, tanggal 14-15 November 2001.
Balitbang. 2011. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. (Online).Tersedia:http://www.puskur.net/download/prod2007/50_Kajian%20Kebijakan%20Kurikulum%20Matematika.pdf (Diakses 10 September 2014)
Bao, L. 2006. Theoretical Comparisons Of Average Normalized Gain Calculation. Physics Education Research, 74(10):917-922.
Belawati, T. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Bornok dkk. 2014. Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia
Budiningsih, A. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta
Collette, A.T. and Chappetta, E.L. 1994, Science Instruction in the Middle and
Creswell, J. W. 2014. Research Design: qualitative, and mixed methods approaches. USA: Sage Publications, Inc.
Dahar, R. W. 1991. Teori-teori Belajar. Bandung : PT Gelora Aksara Pratama
______________.(2011). Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Gelora Aksara Pratama
Darta. 2004. Pembelajaran Matematika Kontekstual dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Mahasiswa Calon guru. Tesis tidak diterbitkan. Bandung : UPI
Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta : Depdiknas
. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Pemerintah RI.
. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pemerintah RI.
. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, 23, 24, Tahun 2006 Tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
. 2008. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Jakarta: Depdiknas.
Dimayati. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Effendi, M. 2008. Analisis Kualifikasi Dan Kompetensi Profesi Guru Serta Upaya Pengembangannya Dalam Menyikapi UU Guru-Dosen. Malang: Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Eggen, P. D. dan Kauchak. 1988. Strategies for Teacher Teaching Content and Thinking Skills. New Jersey: Prentice Hall.
Fauziawati. 2015. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Self-Efficacy Siswa Menggunakan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Virtual Manipulative Di SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Tesis tidak diterbitkan. Medan : UNIMED
Grinnell, R. M. 1988, Social Work Reseach and Evaluation, Third
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i1.121
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











