Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbantuan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina., 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurnal Eksakta. Vol 1. Hal:1-7
Choridah., 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. STKIP Siliwangi Bandung. Jurnal Infinity. Vol 2 No 2. Hal: 194-202
Kesumawati, N. 2010. Peningkatan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah, dan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).
Muliana., Nuraina., 2018. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematik Siswa Kelas VIII SMP Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dan Alat Peraga Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Ed-Humanistics. Volume 03 Nomor 02. Halaman 396 – 401
Nindiasari, H. 2013. Meningkatkan kemampuan dan disposisi berpikir reflektif matematis serta kemandirian belajar siswa SMA melalui pembelajaran dengan pendekatan metakognitif (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nuh., 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta. http://bsnp-indonesia.org/2013/06/20/permendikbud-tentang-kurikulum-tahun-2013/. Diakses Tanggal 09 November 2019
Putra., 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 7 No 2. Hal: 203-210
Saefudin., 2012. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematikadengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Al-Bidayah. Vol 4 No 1. Hal: 37-48
Wahyuningtyas, Shinta., 2017. Pelatihan Media Pembelajaran MatematikaBerdasarkan Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah DasarDi Gugus 9 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi. Vol 14. Hal: 8-11
Windhiyana, E. 2020. Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i1.120
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah











