Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbantuan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Salbiah Manurung, Madyunus Salayan, Rita Destini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbantuan media alat peraga pada siswa Kelas VI SDS. Al Washliyah 80 dengan materi lingkaran. Jenis Penelitian ini berbentuk design eksperimen berbentuk desain faktorial yang merupakan modifikasi dari design true experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh  siswa SDS. Al Washliyah 80 Kisaran. Penelitian ini dilaksanakan secara daring dan tatap muka. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI dengan sampel sebanyak 46 siswa  pada dua kelas yang berbeda yakni VI A dan VI B yang masing-masing kelas terdiri dari 23 siswa. Kelas VI A sebagai kelas eksperimen  dengan  pembelajaran menggunakan PMR berbantuan alat peraga dan kelas VI B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran  menggunakan pendekatan konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan Angket komunikasi matematis siswa, teknik analisa data menggunakan IBM SPSS 23 for windows, dengan uji General Linier Models. Hasil Penelitian diketahui bahwa  terdapat pengaruhyang signifikan terhadapkemampuan komunikasi matematis siswamelalui PMR berbantuan alat peraga dengan siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan konvensional atau dengan kata lain, PMR berbantuan media alat peraga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik dibandingkan pendekatan konvensional

References


Agustina., 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurnal Eksakta. Vol 1. Hal:1-7

Choridah., 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. STKIP Siliwangi Bandung. Jurnal Infinity. Vol 2 No 2. Hal: 194-202

Kesumawati, N. 2010. Peningkatan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah, dan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).

Muliana., Nuraina., 2018. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematik Siswa Kelas VIII SMP Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dan Alat Peraga Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Ed-Humanistics. Volume 03 Nomor 02. Halaman 396 – 401

Nindiasari, H. 2013. Meningkatkan kemampuan dan disposisi berpikir reflektif matematis serta kemandirian belajar siswa SMA melalui pembelajaran dengan pendekatan metakognitif (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nuh., 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta. http://bsnp-indonesia.org/2013/06/20/permendikbud-tentang-kurikulum-tahun-2013/. Diakses Tanggal 09 November 2019

Putra., 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 7 No 2. Hal: 203-210

Saefudin., 2012. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematikadengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Al-Bidayah. Vol 4 No 1. Hal: 37-48

Wahyuningtyas, Shinta., 2017. Pelatihan Media Pembelajaran MatematikaBerdasarkan Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah DasarDi Gugus 9 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi. Vol 14. Hal: 8-11

Windhiyana, E. 2020. Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v4i1.120

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah