Peningkatan Kemampuan Konsep Matematis Mahasiswa Teknik Melalui Pembelajaran Super Item

Amanda Syahri Nasution

Abstract


Kemampuan konsep matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa untuk menjadi dasar memahami materi. Jika kemampuan konsep matematis mahasiswa sudah maksimal maka tingkat memahami materi yang dimiliki mahasiswa juga akan maksimal. Namun, kenyataanya kemampuan konsep matematis mahasiswa masih belum maksimal terutama mahasiswa teknik yang tingkat kemampuannya masih rendah. Penelitianinibertujuan(1)untukmengetahuipeningkatan kemampuan konsep matematis mahasiswa teknik melalui pembelajaran super item dan(2)untukmengetahuiadatidaknya interaksi kemampuan konsep matematis antara pembelajaran dan tingkat kemampuan mahasiswa teknik. Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimen semu (quasi experiment) dengan desain NonequivalentControl Group Design. Sampelpenelitianiniadalahmahasiswa Universitas Amir Hamzahberjumlah 23 mahasiswa. Pengumpulan data kemampuan konsep matematis mahasiswa diperoleh dari tes dan self confidence mahasiswa diperoleh dari angket. Analisis data yang digunakan adalah ANOVA Dua Jalur. Adapun yang menjadi luaran dalam penelitian ini adalah publikasi artikel hasil penelitian pada jurnal dan prosiding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)terdapatpeningkatan kemampuan konsep matematis mahasiswa teknik melalui pembelajaran super item dan (2)terdapat interaksi kemampuan konsep matematis antara pembelajaran dan tingkat kemampuan mahasiswa teknik

References


Huda, M. 2013. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Kilpatrick, Swafford, dan Findell. 2001. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press.

Murizal, Yarman, Yerizon. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran uantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 19-23.

Panjaitan, D. J. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Permatasari, I B. 2014. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Superitem dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 11 Makasar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2(1): 136-154.

Sari, P F E. 2017. Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question. Jurnal Mosharafa, 6(1): 25-34.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v3i1.97

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah