Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Modelnpembelajaran Probing Prompting Dengan Media Geogebra Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Stabat

Dira Puspita Sari, Lilis Saputri

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi  matematis melalui model pembelajaran probing prompting dengan media geogebra pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Stabat tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen  yaitu penelitian untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui model pembelajaran probing prompting dengan media geogebra. Desain yang digunkan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kelas eksperimen dan VIII-1 sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan teknik uji t diperoleh nilai thitung> ttabel  yaitu 12,00 > 2,00 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui model pembelajaran probing prompting dengan media geogebra pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Stabat tahun pelajaran 2018/2019.

References


Arikunto, Suharsini. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2012

Darkasyi, Muhammad. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembaelajaran Pendekatan Quantum Learning Pada SMP Negri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika. 2014.

Panjaitan, D. J. (2018). Peningkatan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 52-59.

Panjaitan, D. J. (2018, April). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang melalui ctl. In prosiding seminar nasional hasil penelitian (Vol. 1, No. 1, pp. 212-216).

Sugandi. Proses Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Suherman, Erman. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA. 2003.

Suprijono. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Utami,Tri. Keefektifan Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika. Jurnal Matematika. Semarang: Unnes, 2015

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v3i1.95

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah