Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Pelajaran Matematika

Gita Kencanawaty

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap fenomena dan kenyataan yang terjadi dalam implementasi pendidikan karakter berbasis budaya kearifan lokal dan penerapanya pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi, dimana sekolah yang menjadi lokasi penelitian ini adalah pilot project dari sekolah berbasis budaya Sunda yang ada di Purwakarta. Hasil dari penelitian ini terungkap bagaimana implementasi pendidikan berbasis kebudayaan lokal khusunya kebudayaan Sunda yang ada  di Kabupaten Purwakarta diterapkan dalam jenjang pendidikan sekolah dasar berupa nilai-nilai luhur seperti tangung jawab, kepemimpinan, jujur dan lain sebaginya. Menerapkan pendidikan berbasis budaya dengan pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika dimana guru mengaitkan segala yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari siswa dengan materi pelajaran matematika yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari matematika baik secara konseptual dan kontekstual.

References


Astuti, M. S. Y. (2011). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar di Kecamatan Rendang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1–18.

Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2018). Pembelajaran scientific approach dan realistik terhadap prestasi dan minat ditinjau dari kemandirian. Jurnal Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 82–96.

Clarke, D., & Roche, A. (2017). Using contextualized tasks to engage students in meaningful and worthwhile mathematics learning. Journal of Mathematical Behavior, (November), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2017.11.006.

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31–41.

Febriyanti, C., Irawan, A., & Andyani, L. P. W. (2016). Peran kemampuan awal dan karakter siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon (pp. 395–401).

Hartono, Y. (2007). Konsep-Konsep Dasar Pendekatan Matematika Realistik (pp. 1–34).

Indira, T., Somakim, & Susanti, E. (2017). Kemampuan berpikir kritis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 61–75.

Misdalina, Zulkardi, & Purwoko. (2009). Pengembangan materi integral untuk sekolah menengah atas (SMA) menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) di palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–74.

Nuh, Z. M., & Dardiri. (2016). Etnomatematika dalam sistem pembilangan pada masyarakat melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 220–238.

Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolah kabupaten tasikmalaya. Jurnal Infinity, 5(1), 25–31.

Sa’adah, W. N. (2010). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik.

Sukadari, Suyata, & Kuntoro, S. A. (2015). Penelitian Etnografi tentang Budaya sekolah dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 58–68.

Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students’ mathematical literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.06.001.

Suwito, A., & Trapsilasiwi, D. (2016). Pengembangan model pembelajaran matematika SMP kelas VII berbasis kehidupan masyarakat JAWARA (Jawa dan Madura) di Kabupaten Jember. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 79–84.

Wahyuni, I. (2015). Eksplorasi etnomatematika masyarakat sidoarjo. Fenomena (Jurnal Penelitian Islam Indonesia), 15(2), 225–238.

Wuryandani, W. (2015). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran untuk Menanamkan Nasionalisme Di Sekolah Dasar (Vol. 1, pp. 1–10). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.94

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah