Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa di tinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Oktaviana Nirmala Purba

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat: (1) pengaruh model pembelajara problem based learning (PBL) terhadap kemampuan koneksi matematik siswa (2) pengaruh pada kategori motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan koneksi matematik siswa (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematik siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Shafiyyatul Amaliyyah Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen menggunakan model problem based learning (PBL) dan XC sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengambilan data yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematik dan angket motiasi belajar siswa. Uji analisis yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf sigbifikan , diperoleh hasil bahwa  sehingga ditolak,  sehingga dan  sehingga diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan koneksi matematik siswa; (2) terdapat pengaruh pada kategori motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan koneksi matematik siswa; (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematik siswa.

References


Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Badan Standart Nasional Pendidikan: Jakarta.

Domas, A.E. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Lampung: FTK UIN Raden Intan Lampung.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Syarifah, Dyarifah, and Yosaphat Sumardi. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Malcolm’s Modeling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 1.3.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, Utari. (2014). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: FPMIPA UPI.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.93

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah