Model Think Pair Share dengan Media Aplikasi Komputer untuk Meningkatkan Penguasaan Triple Pythagoras

Dedy Juliandri Panjaitan

Abstract


Artiel ini merupakan hasil penelitian penerapan aplikasi komputer yang dapat meningkatkan penguasaan triple Pythagoras dengan menggunakan model Think Pair Share pada siswa. Dari pengelolaan data pada kelas eksperimen, diperoleh nilai rata-rata pretest = 67.5, simpangan baku 10.9 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai pretest = 65.33, simpangan baku 14.27. nilai dari rata-rata pada kelas eksperimen untuk posttest 77.83, simpangan baku 9.95 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol untuk posttest 71.5, simpan gan baku 11.6. berdasarkan uji normalitas  hasil pretestdan posttest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas bahwa kedua kelas sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogeny dilakukan analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh harga t= 2.34 pada taraf signifikan  dan dk = +   -2 = 58 ternyata tabel  = 2.01. jadi dari hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa  lebih tinggi dari  . Maka   ditolak dan   diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini terdapat peningkatan penguasaan triple Pythagoras sesudah menggunakan aplikasi komputer dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share.

References


Aminudin, A. (2014). MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Al-MUNZIR, 7(2), 13-28.

Ayumi,N.M(2018). Pemanfaatan Teknologi Komputasi Visual Studio Ekspress 2012 untuk memperoleh Triple Pythagoras. Medan:UMN.

Azizah,D.(2017). Penerapan Pendekatan Struktural Metode Think Pair (TPS) pada materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Aktivitas belajar Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 188-193.

Effendi,A.(2017). Peningkatan Hasil Belajar Dan Curiosity Pada Pokok Bahasan Pythagoras Siswa Kelas 81 SMP Negri 1 Tambakromo Melalui Pembelajaran Group Investi Gation Dengan Bantuan Aplikasi Tari Geogebra Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(1).

Ikhsan,M.(2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Bireden. Jurnal didaktik Matematika, 1(1).

Indriani, M. N. (2015). Pengaruh model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP N 1 Rembang pada materi bilangan pecahan tahun pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Tadris: Tadris Matematika).

Mufidah, L., Dzulkifli, E., & Titi, T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 117-125.

Muhamad Afandi, S. P., Chamalah, E., Oktarina Puspita Wardani, S. P., Gunarto, H., & Hum, M. (2013). MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN.

Nur.M.A.(2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada siswa Kelas VII B SMP Negeri 10 Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 143-153

Nurjannah,I.(2016). Pengaruh Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Swasta Darma. Medan:UMN.

Octaviana, M. (2014). Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi GeoGebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pythagoras Kelas VIII-A Di SMP Negeri 2 Bakung Blitar.

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Senjani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share). Skripsi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siagian,R.E.F(2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.2(2).

Sugiyono. 2012. MetodePenelitianKuantitatifdan R & D. Bandung :Alfabeta.

Sundayana.R(2014). Media Dan alat Peraga dalam pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.

Suryadi, S. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. INFORMATIKA, 3(3), 9-19.

Susanto, H (2015) AnalisiValiditasReliabilitas Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda PadaButirSoalUjianAkhir Semester Ganjil Mata PelajaranMatematikaKelas XII Ips Di SMA Negeri 12 Bandar Lampung TahunAjaran 2014/2015. Al-Jabar: JurnalPendidikanMatematika, 6(2), 203-218




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.91

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah