Implementasi Game Matematika Online melalui Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMPN Arun Lhokseumawe

Andriani Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang mengimplementasikan game matematika online melalui metode drill dan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Arun Lhokseumawe yang terdiri atas lima kelas. Sebagai sampel terpilih kelas VIIsebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol..Instrumen penelitian adalah tes berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Analisis data dilakukan terhadap uji normalitas, homogenitas, rataan N-gain ternormalisasi dengan menggunakan uji-t dan uji anava dua jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengimplementasikan game matematika online melalui metode drill lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengimplementasikan game matematika online melalui metode drill lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional; (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (4) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa

References


Andriani. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Motivasi Siswa SMP melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Menggunakan Game Matematika Online. Jurnal Didaktik Unsyiah. Vol.3, No.1, hal: 55-63, edisi April 2016.

Anshari. B.I. 2012. Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Creswell, John w. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Deka. P,dkk. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Student Teams Achivement Division. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 1, hal: 16-22, edisi Mei 2016.

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal AdMathEdu. Vol. 7, No. 1, edisi Juni 2017.

Febriana, Rina. 2011. Pengaruh Penerapan Permainan terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan matematika. Padang: STKIP PGRI Sumatra Barat.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, Ali. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta

Primayanti, Grace, dkk. 2018. Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Lentera Way Pengubuan pada Topik Persamaan Garis Lurus. Jurnal JOHME. Vol. 1,No. 2, hal: 135-149, edisi Juni 2018.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Slavin, Robert. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Van de Walle, J. A. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.89

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah