Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa

Machrani Adi Putri Siregar, Aminda Tri Handayani

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentangpengaruh model pembelajaran missouri mathematics projectterhadap kemampuan pemahaman matematis mahasiswa Pendidikan Matematika pada mata kuliah Geometri Analitik Bidang.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasinya adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari populasi tersebut, terpilih secara random sampel, yaitu Kelas A yang berjumlah 35 orang mahasiswa dan dijadikan sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini.Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang merupakan tes berbentuk uraian yang terdiri atas 10 soal. Tes ini diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran missouri mathematics project. Dari data yang diperoleh dari hasil kedua tes tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaranmissourimathematics projectberpengaruh untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah Geometri Analitik Bidang. Hal ini terlihat jelas dari meningkatnya rata-rata kemampuan pemahaman matematis sebesar 9,0286 dengan standart deviasi 1,4849 pada pretes, menjadi 27,886 dengan standart deviasi 2,7841 pada postes. Peningkatan ini juga sejalan dengan hasil perhitungan rata-rata skor gain yang diperoleh mahasiswa sebesar 0,6105 dengan standart deviasi 0,079 yang mengindikasikan peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa berkategori sedang.

References


Ansari, B.I.2009.Komunikasi Matematik: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan PeNA Banda Aceh Divisi Penerbitan.

Dwiningrat, G.A, dkk, 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, https://www.academia.edu/32186407/PENGARUH_MODEL_PEMBELAJARAN_MISSOURI_MATHEMATICS_PROJECT_TERHADAP_KEMAMPUAN_PEMECAHAN_MASALAH_MATEMATIKA_SISWA, Diunduh oktober 2018.

Lindaningrum, T, 2014, Meningkatkan hasil belajar matematika melalui Penerapan model Missouri mathematics project (mmp) dengan media Fantastic mathematics triangle Materi logaritma pada siswa kelas x man kunir Tahun ajaran 2013/2014, http://repo.iain-tulungagung.ac.id/70/1/COVER%20TUTIONO%20LINDANINGRUM%20%28S-3214103143%29.pdf, Diunduh oktober.2018.

Herdian, 2010, Kemampuan Pemahaman matematika, https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman-matematis/, diunduh Okt 2018.

Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.JICA.Universitas Negeri Malang.

Hudoyo, Herman. 1985. Teori Belajar Dalam Proses Belajar-Mengajar Matematika. Jakarta. Depdikbud.

NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM.

Ruseffendi, E.T. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sapta, A. (2007). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sari, R.U, dkk, 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal, https://media.neliti.com/media/publications/123072-ID-pengaruh-model-pembelajaran-missouri-mat.pdf, Diunduh Oktober 2018.

Sumarmo, U. 2005. Pengembangan Berfikir Matematik Tingkat tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. UPI: Bandung




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.83

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah