Pengembangan Bahan Ajar Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII

Romansyah Romansyah, Suriyani Suriyani, Islamiani Safitri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bahan ajar berbasis Pembelajaran Matematika Realistik pada materi lingkaran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian dilaksanakan di MTs Swasta Ponpes Al-Ihsan Sidua-dua. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & development). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B putra MTs Swasta Ponpes Al-Ihsan Sidua-duayang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan instrumen yang dalam penilaiannya melibatkan dua orang dosen pendidikan matematika dan dua orang guru mata pelajaran matematika, serta tes kemampuan pemecahan masalah dengan tipe uraian sebanyak 3 soal. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dihitung dengan menghitung indeks Gain hasil pretest dan postest diperoleh hasil 17,09. Untuk melihat signikansi perubannya dilakukan analisis data menggunakan uji Paired Samples T-Test, berdasarkan analisis data tersebut diperoleh thitung = -8,653 < ttabel = 2,80 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikans kemampuan pemecahan masalah siswa antara sebelum dan sesudah belajar dengan dengan menggunakan bahan ajara berbasis pembelajaran matematika realistik materi lingkaran

References


Fitriana, Hanny. 2010. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Program studi pendidikan matematika Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ismawati, Yuliana. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah SPLDV Siswa Berkemampuan Tinggi di Kelas VIII SMP Kristen Satya Wacana Berdasarkan Tahapan Polya Ditinjau dari Tingkat Kesukaran Soal. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Kemdikbud.2011.Survei Internasional PISA.[Online].Tersedia: http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pisa.

Kemdikbud. 2011. Survei Internasional TIMSS. [Online]. Tersedia: http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss.

Kesumawati, Nila. 2009. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Program studi pendidikan matematika FKIP Universitas PGRI Palembang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika. Tersedia: dari http://eprints.uny.ac.id.

Muhammad, Heizlan. 2016. Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates Kontekstual UntukMengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Nuranisa, Witri. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah DanKomunikasi Matematik MelaluiPembelajaran Pendidikan Matematika RealistikUntukSiswaSMP Negeri Di Kabupaten Garut. Program Pascasarjana Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Volume 1 Nomor 1.

Rahmawati, Fitriana. 2013. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Fakultas MIPA Universitas Lampung. Kumpulan Makalah Seminar Semirata.Tersedia: http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index. php/semirata/article/view/882/701.

Romauli, Mika. 2013. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dan Berfikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Bharlind School Medan. Guru SMA Negeri 2 Rantau Selatan. Jurnal Tematik Volume : 003/No.12/DIKSAS.

Syaiful. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA FKIP Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Volume 2 Nomor 1. Tersedia: dari http://eprints.uny.ac.id

Syofian. 2011. Statistika Deskriptif untuk penelitian dilengkapi dengan perhitungan manual dan Aplikasi SPSS versi 17. Jakarta : PT RajaGrafindo.

Subryanto, Muhammad. 2014. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Soal Cerita tentang Himpunan. Jurnal Pendidikan matematika Volume 3 Nomor 2.

Shadiq, Fadjar. 2014. Belajar Memecahkan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : ALFABETA.

Sella, Ella. 2016. Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Segitiga dan Segiempat SMP Negeri 1 Marbau. Skripsi pendidikan matematika Universitas Labuhanbatu.

Sarbiyono. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Program Studi pendidikan matematika Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Review Pembelajaran Matematika Volume 1 Nomor 2. Tersedia : dari http://jrpm.uinsby.ac.id.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : ALFABETA.

Sufren dan Yonathan Natanael. 2013. Mahir Menggunakan SPSS secara Otodidak. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Tim Penyusuan Pedoman Penulisan Skripsi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Labuhanbatu. 2018. Pedoman Penulisan Skripsi. Rantauprapat: Universitas Labuhanbatu




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.82

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah