Analisis Proses Berpikir Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Tahun Akademik 2018/2019

Dwi Novita Sari, Nurul Azmi Saragih

Abstract


Pembelajaran matematika adalah kegiatan yang menggunakan matematika sebagai salah satu upaya dalam mencapai tujuan pendidikan dan sebagai kemajuan ilmu dan teknologi.Pendidikan matematika adalah pembelajaran yang menitikberatkan pada pemecahan masalah matematika.Pada umumnya, matematika lebih sulit dari pada pelajaran-pelajaran lainya.Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah.Salah satu faktor penyebabnya adalah dalam merencanakan pemecahan masalah tidak dibahas strategi-strategi yang bervariasi untuk mendapatkan jawaban dari suatu masalah.Proses pemecahan masalah dibutuhkan proses berpikir peserta didik yang komplit dan sistematis yaitu dalam memunculkan alternatif-alternatif jawaban yang benar atau memunculkan berbagai cara yang menuju kesatu jawaban benar dari masalah yang diberikan. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran matematika perlu mengetahui proses berpikir peserta didik dalam menyelesaikan masalah, membantu mahasiswa untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memonitoring dan mengevaluasi pemikirannya sendiri ketika menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis proses berpikir mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah matematika tahun akademik 2018/2019.Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dalam menganalisis data penelitian yang telah diperoleh.Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika semester V di Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan.Dengan instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan tes kemampuan menyelesaikan masalah matematika. Target luaran yang akan dicapai pada penelitian ini adalah jurnal dan prosidding

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Aksara

Billstein, 1990. Problem Solving Approach to Matematics for Elementary School teachers.California

Djamarah,Bahri Saiful. 2011. Psikologi Belajar. Banjarmasin: Rineka Cipta

Dyana Wijayanti, “ Analisis Soal Pemecahan Masalah pada Buku Elektronik Pembelajaran Matematika SD/MI”, (online) tersedia di: https://www.google.com /url? . (11 oktober 2016)

E.T. Ruseffendi, 1988. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinyadalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBS. Bandung:Trasito

F. H. Bell, 1981. Teaching and Learning Matematics (in secondary school). Wm: Brown Plubisher

Hamalik, Omear, 2013.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

H. Herman Huojo, 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang

Panjaitan, D. J. (2018, April). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG MELALUI CTL. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN (Vol. 1, No. 1, pp. 212-216).

Sapta, A. (2007). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Doctoral dissertation, UNIMED).




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v2i2.78

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah