Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Matematika Siswa di MTs Al-Washliyah Gading Kota Tanjungbalai

Enny Akhvina, Hasratuddin Hasratuddin, Madyunus Salayan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan bahan ajarĀ  berbasis hypnoteaching pada materi lingkaran 2) Mengetahui hasil uji kelayakan pengembangan bahan ajar hypnoteachingpada materi lingkaran, penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D. Penelitian dilaksanakan di MTs Al Washliyah Gading Kota Tanjungbalai, Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket motivasi. Berdasarkan hasil tes hasil belajar yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata pada tahap uji pengembangan I adalah 77,98 dengan ketuntasan klasikal sebesar 42%, dan terjadi peningkatan pada uji pengembangan II yaitu dengan rata-rata 86,37 dengan 94% ketuntasan klasikal, Untuk tingkat motivasi mengalami peningkatan pada saat uji pengembangan I diperoleh nilai rata-rata penilaian angket motivasi siswa sebesar 59,26 dan pada saat uji pengembanagan II mengalami peningkatan sebesar 24 nilai menjadi 83,50. ketercapaian tujuan pembelajaran 75%; dan respon siswa positif mencapai 42% positif dan 53% dinyatakan sangat positif, maka dapat disimpulkan bahwa dengan pengembangan bahan ajar berbasis hypnoteaching pada materi lingkaran dinyatakan efektif untuk dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al Washliyah Gading Kota Tanjung Balai.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian:

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Hajar, Ibnu. 2012. Hypnoteaching. Diva

Press. Jogjakarta

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs)




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.313

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah