Analisis Strategi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika yang Diampu oleh Guru Penggerak

Taripar R Sihaloho, Dedy Juliandri Panjaitan

Abstract


Guru penggerak merupakan pemimpin pembelajaran dalam merdeka belajar yang memiliki kemampuan dalam menggerakkan ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil analisis  strategi dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru penggerak dalam pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 1 Medan, SMP Negeri 25 Medan, dan SMP Negeri 29 Medan pada Tahun Pembelajaran 2022/2023; (2) Mendeskripsikan hasil analisis aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika yang dilakukan guru penggerak melalui langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi dengan mengedepankan karakteristik belajar siswa di SMP Negeri 1 Medan, SMP Negeri 25 Medan, dan SMP Negeri 29 Medan pada Tahun Pembelajaran 2022/2023. Hasil observasi terhadap strategi yang dilakukan guru penggerak dalam proses pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 1 Medan, SMP Negeri 25 Medan, dan SMP Negeri 29 Medan pada Tahun Pembelajaran 2022/2023 menunjukkan tingkat persentase aktivitas yang baik. Hal ini mengindikasikan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru penggerak dalam pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 1 Medan, SMP Negeri 25 Medan, dan SMP Negeri 29 Medan pada Tahun Pembelajaran 2022/2023 memberi dampak aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika baik.


Full Text:

PDF

References


Augystine-shaw, Donna. 2015. Leadership and Learning: Identifying an Effective Design for Mentoring New Building Leaders. Journal Teacher Leadership in Nonsupervisory Roles, vol. 81, no. 2, p. 21.

Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dian, D. W. K., Rasna, I. W., & Artawan, I. G. 2014. Pembelajaran Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Amlapura Ditinjau dari Segi Strategi, Aktivitas, dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).

Ditasona, Candra. 2017. Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Kristen Indonesia. DOI.https://doi.org/10.33541/edumatsains.v2i1.375. Diakses 05 Desember 2022.

Gregory, G. H., & Chapman, C. 2002. Differentiated instructional strategies: One size doesn't fit all. Corwin Press.

Hamalik, Oemar. 2016. Proses Belajar Mengajar . Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono. 2008. Strategi Pembelajaran Active Learning: http://sditalqalam.wordpress.com/2008/01/09/strategi-pembelajaran-active-learning, diakses tanggal 05 Desember 2022.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif . Medan: Media Persada.

Kemdikbud. 2020. Pendidikan Guru Penggerak. Modul. Jakarta.

Lailiyah, Evi. 2016. Pendekatan Differentiated Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Lupita, L., & Hidajat, F. A. 2022. Desain Differentiated Instruction Pada Materi Statistika untuk Peserta Didik SMP: Alternatif Pembelajaran bagi Siswa Berbakat. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 388-400.

Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif. Jakarta: Depdiknas.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Simanjuntak, Sion Stepani & Listiani ,Tanti. 2020. Penerapan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 2 SD. Jurnal. FIP Universitas Pelita Harapan.

Sugiyarta, SL. 2020. Identifikasi Kemampuan Guru Sebagai Guru Penggerak di Karesidenan Semarang. Jurnal. Universitas Negeri Semarang

Syarifuddin & Nurmi. 2022.

Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal. Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bima




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.312

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah