Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Ditinjau Dari Minat dan Literasi Matematika

Hari Munandar, Dedy Juliandri Panjaitan

Abstract


Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskrifsikan efektivitas pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) ditinjau dari minat belajar dan literasi matematika siswa. Literasi yang dimaksud adalah kemampuan seseorang individu merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, fakta, sebagai alat untuk mendeskripsikan, menerangkan dan memprediksi suatu fenomena atau kejadian. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes, observasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAS Nurul Amaliyah yang terdistribusi dalam tiga kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik random sampling Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada tabel One-Sample Test tampak probability (sig) adalah 0.000 < 0.05 maka H1 diterima. Artinya Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif ditinjau dari minat belajar siswa. (2) Pada tabel One-Sample Test tampak probability (sig) adalah 0.001 < 0.05 maka H1 diterima. Artinya Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif ditinjau dari kemampuan literasi matematika siswa

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Arief, H., & Saman, K., (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Contextual Teaching And Learning. Pe

dagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1) Https://EJournal.My.Id/Pedagogy/Article/View/1235

Asih & Imami, (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika | Asih | Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif).

Brahmansyah, (2021).Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika | Brahmansyah | Alfarisi: Jurnal Pendidikan Mipa.

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126.https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126

Fakhriyana, D., Mardiyana, M., & ... (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Memecahkan Masalah Model Programme For International Student Assessment (PISA) pada Konten Perubahan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 2(6), 421– 434.

Fidiyanti, (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat | Widianti | Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)

Ginanjar & Akmal,(2021). Efektivitas Lembar Kerja Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Pgsd | Ginanjar | Jurnal Basicedu

Ginting, R,. & Setiawan, Y. (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 5 Sd | Jurnal Educatio Fkip Unma7(3)Https://Ejournal.Unma.Ac.Id/Index.Php/Educatio/Article/View/1203

Kdise, E., Urath, S., Rangotwat, C. A., & Ratuanik, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Kreatif Roda Pada Materi Segiempat Di Kelas VII SMP Kristen Batuputih. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(12), 2013–2027.

Khasanah, A., & Nugraheni,M. (2021). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Pada Materi Segiempat Berbantuan Aplikasi Geogebra Di Smp Negeri 239 Jakarta | Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika.

Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Muzdalipah, Rustina, Patmawati , & Yulianto, (2021). Kemampuan Literasi Matematis Dengan Higher Order Thinking Pada Pembelajaran Circ Bernuansa Spur Berbantuan Google Classroom.

Nabilaha, F., & Wardono, W. (2021). Kemampuan Literasi Matematis Dengan Higher Order Thinking Pada Pembelajaran Circ Bernuansa Spur Berbantuan Google Classroom.Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika,4.Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/Article/View/44963

Prawidia, I., & Khusna, H. (2021). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan PembelajaranMatematika. Https://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php//Article/11 841

Purwanti, FA., Mutrofin, M., & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan SD. 8(1).Https://Jurnal.Unej.Ac.Id/Index.Php/Jipsd/Article/View/24775

Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. Mathema Journal, 1(1), 15sd23.https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/350

Sari, N. M., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills Di Sekolah Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 106sd123.https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3406

Sholikin, Sujarwo, & Abdussakir, (2021). Penerapan Teori Belajar Bermakna Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Sulfemi, BW., & Yuliani, N. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 7, No. 2.

Susiloningsih, et., all. (2020) Pengembangan Modul Pengajaran Bahasa Inggris Untuk Program Studi Ekonomi Syariah Berbasis Contextual Teaching Learning (Ctl). Jurnal Aghniya, Vol 2, No 1. Https://Ejournal.StiesnuBengkulu.Ac.Id/Index.Php/Aghniya/Article/View/19

Sutono, & Pamungkas, AP (2020) Penerapan Metode Eksperimen Semu Pada Sistem Informasi Persediaan dan Penjualan Obat di Apotek Berbasis Web-BaseMedia JurnalInformatika.https://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika/article/view/1225/1145

Syamsuddin, S,.& Utami, M. A. P. (2021) Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning | Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran,1(1)Https://Etdci.Org/Journal/Jrip/Article/View/14

OECD. (2019a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.

OECD. (2019b). Programme for International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. I–III.




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.310

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah