Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Sosopan

Hotni Leli Pramita Hasibuan, Cut Latifah Zahari

Abstract


Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa SMP berdasarkan hasil observasi menjadi dasar dibuatnya penelitian ini. Tujuan utama pada penelitian ini adalah membuat perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) yang memiliki kriteria valid, praktis, dan efektif guna memberikan fasilitas aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan model Plomp dengan tiga tahap yakni: preliminary investigation, prototyping stage, dan assessment phase. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Sosopan. Instrumen penelitian adalah berupa wawancara, angket, soal, dan dokumentasi. Metode penelitian ini adalah Mix Method yaitu menggabungkan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian setelah dilakukan perhitungan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD memiliki kriteria valid masing-masing (89,77 % dan 87,73%), praktis masing-masing (87% dan 86,85% untuk kelompok kecil) dan (88,1% dan 88,02% untuk kelompok besar), dan efektif yang dilihat dari keberhasilan hasil uji tes yang diberikan kepada siswa.


Full Text:

PDF

References


Adler dan Milne. 1997. Improving The Quality Of Accouting Students Learning Through Action-Oriented Learning Tasks.

Hartinah, dkk. 2019. Probing prompting based on ethnomathematics learning model: The Effect on mathematical communication skill. Journal For the education of Gifted Young Scientists, 7(4).

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Evaluation Standards for school Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Plomp, T. & Nieveen, N. 2013. Education Design Reserch: An Introduction.

Enshede: SLO. Netherlands Institute for Curriculum Develompment.

Polya, G. 1973. How To Solve It : A New Aspect Of Mathematical Method (Second Edition). New Jersey: Prenceton University Press.

Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.309

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah