Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Azmi Arief Sinaga, Dedy Juliandri Panjaitan

Abstract


Artikel ini merupakan hasil Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi statistika siswa kelas VIII-1 MTs. Swasta Terpadu Mutiara Hikmah T.P. 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 MTs. Swasta Terpadu Mutiara Hikmah T.P. 2021/2022 menggunakan model pembelajarn Group Investigation yang terdiri dari 30 siswa. Materi yang diajarkan untuk satu kelas adalah materi statistika. Data diperoleh dari Tes akhir pada soal yang berbeda. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan melihat tingkat ketuntasan belajar siswa dengan kriteria nilai klasikal yaitu 80%. Setelah diterapkan model pembelajaran Group Investigation,  hasil belajar siswa pada siklus I (57,73%) dan siklus II (64,53%) dan selanjutnya siklus III (83,33%). Hasil akhir tingkat ketuntasan belajar siswa 83,33% melewati nilai klasikal tingkat ketuntasan belajar 80%.

Full Text:

PDF

References


Al Hudhori, M. (2013). Pengaruh Prnggunaan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Konsep Dinamika Rotasi Dan Keseimbangan Benda Tegor.

Arikonto, S. (2010 : 16). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :Bumi Aksara.

Arikonto, S. (2010). Prosedur Penelitian.Yogyakarta :Rineka Cipta.

Astri, M. (2018:73). Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Model Contextual Teaching And Learning padakelas VIII Mts Yayasan Pendidikan Madina Tussalam Tembung. Skripsi.Program S1 Universitas Muslim Nusantara AL Washliyah (UMN). Medan.

Erawati, S. (2018:72). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Tipe Two Stay Two Stray di kelas VIII SMP Swasta AL Washliyah 8 Medan. Skripsi.Program S1 Universitas Muslim Nusantara AL Washliyah (UMN). Medan.

Gani, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Persiapan tentang Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 37-343.

Halawa, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JURNAL GLOBAL EDUKASI, 3(6), 309-314.

Hanggara, Y., & Zendato, I. J. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investitigation Dan Active Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1).

Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formati: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Malau, N, D. (2017:64). Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri Di Kelas XI Siswa SMK Negeri I Sidakalang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi.Program S1 Universitas Muslim Nusantara AL Washliyah (UMN). Medan.

Panjaitan, D. J. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(2), 60-65.

Purnomo, B. (2017: 74). Meningkatkan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalu Pembelajaran Matematika Realistik Di Kelas VIII SMP PAB 6 Lubuk Pakam T.A 2017/2018. Skripsi.Program S1 Universitas Muslim Nusantara AL Washliyah (UMN). Medan.

Setiawan, A, Gultom.(2018). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Group Investigation dan Model Konvensional. Skripsi.Program S1 Universitas Muslim Nusantara AL Washliyah (UMN). Medan.

Slameto, (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta Rineka Cipta.

Somawati, N. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX. 4 Semester I SMP Negeri 1 Banjarangkan Tahun Pelajaran 2019/2020. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1-8.

Sudjana,(2013).Metode Statistika. Bandung: Trasindo




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.306

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah