Penggunaan Software Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPA

Onatri Francisca, Cut Latifah Zahari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan software pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket minat belajar siswa yang terdiri dari kategori sangat rendah, rendah, tinggi dan sangat tinggi. Hasil analisis awal siswa sebanyak 24 orang menunjukkan minat belajar yang sangat rendah. Selanjutnya setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan perangkat lunak pembelajaran matematika berupa Autograph dan Microsoft Mathematics membuat minat belajar siswa meningkat. Siklus 1 mengambil materi sistem pertidaksamaan linier menghasilkan bunga dengan kategori tinggi sebesar 66,67%, kategori sangat tinggi sebesar 20,83%. Sedangkan siklus 2 mengambil materi ruang bangunan menimbulkan minat dengan kategori tinggi sebesar 70,83% dan kategori sangat tinggi 29,17%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan perangkat lunak pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan

Full Text:

PDF

References


Manik, Elpinawati. 2017. “Manfaat Penggunaan Software Matematika” Diakses dari http://guraru.org/daftar- anggota/elpinawatimanik/.

Mikarsa. (2007). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Novitasari, Dwi. 2014. “Penggunaan Software dalam Pembelajaran Matematika”. Diakses dari https://dwinovitasari91.files.wordpress.co m/2014/10/penggunaan-software-autograf- dalam-pembelajaran-matematika.doc.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Hadis, Abdul. (2006). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Iriana, Herlin. 2013 “Software Autograph”. Diakses dari http://herlintriana3.blogspot.co.id/2013/01 /software-autograph.html.

Nurdiana. 2013 “Penggunaan Microsoft Mathematic”. Diakses dari http://nurrrdianaa.blogspot.co.id/2013/12/penggunaan-microsoft mathematics.html




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.303

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah