Analisis Kemampuan Spasial Siswa SMP Ditinjaun Dari Gender Berdasarkan Teori Van Hiele

Anisa Nurfadila, Abdul Mujib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan spasial siswa SMP ditinjau dari gender berdasarkan teori van hiele. Jenis penelitian ini adalah penelitan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan lembar validasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama, dan instrumen bantu yaitu tes kemampuan spasial, wawancara, dan lembar validasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Darul Aman dengan subjek 6 orang dari kelas VIII yaitu 3 orang perampuan, dan 3 orang laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan sesuai tahap berpikir Van Hiele yaitu 1. Tahap 0 (visualisasi), 2. Tahap 1 (analisis), 3. Tahap 2 (deduksi informal). Hasil dari penelitian ini adalah 1. SP1 memenuhi seluruh indikator kemampuan spasial, SP2 memenuhi seluruh indikator kemampuan spasial,  SP3 tidak dapat memenuhi indikator kemampuan spasial yaitu spatial perception, 2. SL1 dapat memenuhi seluruh indikator kemampuan spasial, SL2 tidak dapat memenuhi indikator kemampuan spasial yaitu mental rotation, dan SL3 tidak dapat memenuhi indikator kemampuan spasial yaitu spatial perception

Full Text:

PDF

References


Syahputra, E. (2013). Peningkatan kemampuan spasial siswa melalui penerapan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Dewi, N. H. Profil Kemampuan Spasial Siswa Mtsn Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Level Kemampuan Berpikir Geometri Van

Hiele (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020).

Saputra, H. (2018). Kemampuan spasial matematis. Artikel Universitas Terbuka. Tidak Diterbitkan. Diakses Online http://www. researchgate. net/publication/326847118.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129-136




DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v6i2.301

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah