Kemampuan Intuisi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMP

Ramadhan Nurcahya Kartika, Wharyanti Ika Purwaningsih, Prasetyo Budi Darmono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis intuisi matematis yang digunakan dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 6 Purworejo tahun 2022 yang memiliki gaya belajar VAK. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive dan teknik snowball. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan tes intuisi matematis, wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal matematika menggunakan intuisi matematis dengan jenis intuisi selfevident, intrinsic certainty, extrapolativeness dan coerciveness. (2) Siswa gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal matematika menggunakan intuisi matematis dengan jenis intuisi intrinsic certainty, extrapolativeness dan coerciveness. (3) Siswa gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal matematika menggunakan intuisi matematis dengan jenis intuisi selfevident, intrinsic certainty, extrapolativeness dan coerciveness.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta.

DePorter, B dan Hernacki, M. (2016). Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Abdurrahman A. (edt.). Bandung: PT Mizan Pustaka, vol. 5(3), 39-43.

Djamal, M. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif. Mitra Pustaka, Yogyakarta.

Dostal, J. 2015. Theory of Problem Solving. Procedia – Sosial and Behavioral Sciences (Amsterdam), vol. 174, 2798-2805.

Ermawan, M. T. S. 2018. Analisis Kemampuan Berfikir Intuitif Matematis Siswa dengan Self Efficacy Tinggi. Suska Journal of Mathematics Education, vol. 4(1), 32. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1. 4578

Ghony, M. D., & Almanshur, F 2016Metode Penelitian Kualitatif(Jogjakarta: Ar-Ruzz Media), 58.

Hidayah, N. 2019. Profil Kemampuan Berpikir Intuisi Siswa Pada Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial. Jurnal Simki-Techsain, vol. 3(2), 1.

Hirza, B., Kusumah, Y. S., Darhim., & Zulkardi. 2014. Improving Intuition Skills with Realistic Mathematic Education. IndoMS-JME, vol. 5(1), 28.

Karim & Sumartono. 2015. Kemampuan Mahasiswa Membuat Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1(2), 73.

Maulidya, A. 2018. Berpikir dan Problem Solving. E-Journal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, vol. 4(1), 11.

Munir. 2012. Penalaran Intuitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. ISBN: 978- 979-16353-8-7. Hal 251-262.

Muniri. 2018.Peran Berfikir Intuitif dan Analitis Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Tadris Matematika, vol.1(2), 14.

Mousa, N. 2014. The Importance of Learning Style in Education. International Journal of Education, vol. 1(2), 19-27.

Pala, A. 2011. The Need for Charecter Education. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, vol. 3(2), 24.

Panbanlame, K., Sangaroon, K., & Inprasitha, M. 2014. Students’ Intuition in Mathematics Class Using Lesson Study and Open Approach. Psychology, vol.5, 1506.

Papalia, A. (2021). Analisis Berpikir Intuitif Siswa Dalam menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Theorema Phytagoras Kelas

VIII SMP Negeri 21 Buru (Doctoral dissertation, IAIN Ambon), 14.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56-63.

Purwaningsih, W. I., Astuti, E. P., Nugraheni, P., & Rizkyaningtyas, N. P. 2019. Characteristics of Intuitive Thinking in Solve Mathematical Issue Based on Cognitive Style. Journal of Physics: Conference Series, 2-3.

Sa’o, S. 2016. Berpikir Intuitif Sebagai Solusi Mengatasi Rendahnya Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. 1(1), 43-56.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukmana, A. 2011. Profil Berpikir Intuitif Matematik. Laporan Penelitian Universitas Katolik Parahyangan, vol 2, 13.

Syarifah, T. J., Sujatmiko, P., & Setiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Ditinjau dari Gaya Belajar pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 1(2), 1-19.

Usodo, B. 2011. Profil Intuisi Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independen. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika II. UNS, 95- 102.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan matematika universitas bung hatta. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 128- 132.

Wibowo, T., Sutawidjaja, A., As’ari, A. R., & Sulandra, I. M. 2017. Characteristics of Students Senssory Mathematical Imagination in Solving Mathematics Problem. International Electronic Journal of Mathematics Education. Vol. 12, No. 6, 609-619.

Widoyoko, E. P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Wuryanie, M., Wibowo, T., Kurniasih, N., & Maryam, I. 2020. Intuition Characteristics of Student in Mathematical Problem Solving in Cognitive Style. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), vol. 1(2), 31-42.

Yuni, Y., Darhim., & Turmudi. 2018. Peningkatan Berpikir Intuisi dan Penalaran Matematis Melalui Pembelajaran Inquiry Berbasis Open- Ended. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 2(2), 107-126




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.296

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah