Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal AKM Kelas Program Kampus Mengajar

Nurul Indah Septianisha, Khuriin Dewi Anggraeni, Dina Dwi Septinawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa kelas V dalam menyelesaikan soal AKM Kelas program kampus mengajar. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10 Juni 2022 di SD Negeri 01 Jetakkidul, Pekalongan, Jawa Tengah dengan subjek penelitiannya siswa kelas V tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 23 siswa. Data diperoleh dari hasil tes soal AKM Numerasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 11 siswa berkemampuan numerasi dengan kategori PIK dan 12 siswa berkemampuan numerasi dengan kategori dasar sehingga diperoleh indeks tingkat kompetensinya 1,26 yang termasuk tingkat kompetensi numerasi PIK.

Full Text:

PDF

References


Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80-90.

Anugrah, T. M. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19. AKSELERASI : Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38-47.

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439-1448.

Kemdikbud. (2020). Retrieved from Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum.

Kurniawan, I., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Didactical Mathematics, 3(2), 84-91.

Lestari, F. L., & Ratnaningsih, N. (2022). Analisis Problematika dan Pencapaian Siswa dalam Pelaksanaan AKM pada PTM Terbatas. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1-7.

Noerbella, D. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480-489.

Purwati, P. D., Faiz, A., Widiyatmoko, A., Ngabiyanto, & Maryatul, S. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas Jenjang Sekolah Dasar Sarana Pemacu Peningkatan Literasi Peserta Didik. SOSIORELIGI : Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19(1), 13-24.

Pusat Asesmen Pendidikan, B. K. (2022, Juni 26). Retrieved from https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/files/Buku%20Panduan%20Capaian%20Hasil%20AN%20-%20v3.pdf

Pusmendik. (2022, Juni 4). Retrieved from Pusat Asesmen Pendidikan: pusmendik.kemdikbud.go.id/akmkelas/

Rokhim, D. A., Tyas, F. K., Rahayu, S., & Habiddin. (2022). Perspektif Siswa dan Guru dalam Pelaksanaan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) pada Mata Pelajaran Kimia. JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 46-51.

Sari, D., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. (2021). Analisis Kemampuan Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Geometri Asesmen Kompetensi Minimum. JSD : Jurnal Sekolah Dasar, 6(2), 90-93.

Ulyah, S. M., Sediono, Ana, E., Sholihah, N., & Niswatin, K. (2021). Improving The Competency of High School Teachers in Understanding and Designing Questions Based on Minimum Competency Assessment in Babat Lamongan District. MUST : Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 55-64.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.295

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah