Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Introvert Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended

Mukhamad Siroj, Supriyono Supriyono, Dita Yuzianah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa introvert dalam menyelesaikan soal open ended. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkepribadian tipe introvert dapat menyelesaikan masalah matematika berbasis soal open ended dengan menggunakan kemampuan komunikasi matematisnya. Kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa introvert mencapai level4 yaitu sangat baik. Hal tersebut dikarenakan siswa introvert mampu mengekspresikan ide-ide matematis melalui tulisan dengan tepat dan lengkap, mampu menggunakan istilah-istilah dan notasi- notasi matematika untuk menyajikan ide-ide matematis dengan tepat dan lengkap, mampu menggambarkan ide-ide matematis secara visual, serta memahami dan menginterpretasikan ide-ide matematis dalam bentuk tulisan yang terbukti dengan siswa dapat menunjukkan strategi penyelesaian secara lengkap, sistematis dan juga memberikan jawaban akhir yang tepat.


Full Text:

PDF

References


Andriani, P. 2015. Penalaran Aljabar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Beta, 8(1), 1–13.

Ariawan, R., & Nufus, H. 2017. Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS, 1(2), 82-91.

Crismasanti, Y. D., & Yunianta, T. N. H. 2017. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Tipe Soal Open Ended pada Materi Pecahan. Jurnal Satya Widya, 33(1), 75-

Hamdani, A. S. 2007. Pengembangan Kreativitas Siswa melalui Pembelajaran Matematika dengan Masalah Terbuka (Open Ended Problem). Jurnal Didaktis, 5(3), 58–67.

Moleong, J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Mufarrihah, I., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 656-667.

Nugrahani, F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Permatasari, N., Budiyono., & Slamet, I. 2016. Proses Berpikir Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Surakarta dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(3), 314-327.

Permendikbud. 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta.

Purwati, H., & Wuri, D. E. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Gaya Belajar Kompetitif. Jurnal Derivat, 4(2), 17-23.

Ruslan, A. S., & Santoso, B. 2013. Pengaruh Pemberian Soal Open Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Kreano, 4(2), 138-150.

Satalina, D. 2014. Kecenderungan Perilaku Cyber Bullying Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. JIPT, 2(2), 294-310.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Wandira, J. C., Hudiyono, Y., & Rokhmansyah,

A. 2019. Kepribadian Tokoh Aminah dalam Novel Derita Aminah Karya Nurul Fithrati: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Ilmu Budaya, 3(4),413-419.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.294

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah