Analisis Learning Obstacle Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel

Desiy Savitri, Nur Izzati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan learning obstacle siswa SMP dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan linear satu variabel. pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes kemampuan responden. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa SMP Negeri 6 Tanjungpinang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 3 hambatan yang termasuk jenis epistemological obstacle. Learning obstacle tersebut yaitu, 1) siswa kesulitan memahami konsep persamaan linear satu variabel, 2) Siswa kesulitan pada operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) dengan baik, dan 3) Siswa kesulitan memahami soal cerita yang relevan dalam kegiatan sehari-hari

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Widodo S. (2004). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Artu Sriati. (1994). Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa SMA (pengkajian diagnose).

Jurnal Kependidikan Jogjakarta.

Astuti, R., Matematika, P., Muhammadiyah, S., dan Lampung, P. (2017). Analisis Learning Obstacles Mahasiswa Dalam Mempelajari Materi Kombinatorial. Jurnal Edumath, 3(1), 56–64. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath

Dedy, E., dan Sumiaty, E. (2017). Desain Didaktis Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Learning Obstacle dan Learning Trajectory. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.1.69-80

Hadi, S. N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569. https://doi.org/10.4135/9781412957403.n438

Hanafiah, Sauri, R. S., Mulyadi, D., dan Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar,” 68–74.

Irawan, A. (2015). Desain Didaktis Bahan Ajar Problem Solving pada Konsep Persamaan Linear Satu Variabel. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015, 4, 651–658. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-94.pdf

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud Dirjen PAUD, D. dan D. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menpendikbudristek. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Pemulihan Pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112. jdih.kemendikbud.go.id

Nabila, D. N., Sudihartinih, E., dan Sumiaty, E. (2022). Kajian Learning Obstacle pada Topik Keliling Segiempat ditinjau dari Literasi Matematis PISA 2021. … Pendidikan Matematika, 12(November 2021). https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/15631%0Ahttps://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/download/15631/13257

Nuraeni, Y., dan Khaerunnisa, E. (2021). Analisis Learning Obstacle dalam Materi Hubungan Antar Sudut Siswa Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14, 73–87.

Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1293

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, L., dan Arhasy, E. A. R. (2017). Kajian learning obstacle materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel pada pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 3(2), 151–159. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v3i2.408




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.293

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah