Analisis Learning Obstacle Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmadi dan Widodo S. (2004). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Artu Sriati. (1994). Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa SMA (pengkajian diagnose).
Jurnal Kependidikan Jogjakarta.
Astuti, R., Matematika, P., Muhammadiyah, S., dan Lampung, P. (2017). Analisis Learning Obstacles Mahasiswa Dalam Mempelajari Materi Kombinatorial. Jurnal Edumath, 3(1), 56–64. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath
Dedy, E., dan Sumiaty, E. (2017). Desain Didaktis Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Learning Obstacle dan Learning Trajectory. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.1.69-80
Hadi, S. N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569. https://doi.org/10.4135/9781412957403.n438
Hanafiah, Sauri, R. S., Mulyadi, D., dan Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642
Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar,” 68–74.
Irawan, A. (2015). Desain Didaktis Bahan Ajar Problem Solving pada Konsep Persamaan Linear Satu Variabel. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015, 4, 651–658. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-94.pdf
Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud Dirjen PAUD, D. dan D. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Menpendikbudristek. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Pemulihan Pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112. jdih.kemendikbud.go.id
Nabila, D. N., Sudihartinih, E., dan Sumiaty, E. (2022). Kajian Learning Obstacle pada Topik Keliling Segiempat ditinjau dari Literasi Matematis PISA 2021. … Pendidikan Matematika, 12(November 2021). https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/15631%0Ahttps://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/download/15631/13257
Nuraeni, Y., dan Khaerunnisa, E. (2021). Analisis Learning Obstacle dalam Materi Hubungan Antar Sudut Siswa Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14, 73–87.
Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1293
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, L., dan Arhasy, E. A. R. (2017). Kajian learning obstacle materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel pada pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 3(2), 151–159. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v3i2.408
DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.293
JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah