Analisis Penalaran Statistika Berbasis Soal Hots

Rahmawati Rahmawati, Abdul Mujib, Cut Latifah Zahari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran statistik berbasis soal HOTS. Dalam penelitian ini tes diberikan dalam bentuk uraian sebanyak 3 (tiga) soal. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, disimpulkan kemampuan penalaran statistik siswa kelas VIII SMPN 1 Pulau Rakyat dalam memecahkan soal statistika berbasis HOTS harus ditingkatkan lagi, terlihat dari berbagai jawaban hasil tes siswa banyak yang mengalami kesalahan dalam penyelesaian soal, siswa banyak yang kurang memahami dan mengenali karakteristik soal HOTS dikarenakan guru tidak membiasakan mengunakan soal tersebut dalam proses pembelajaran berlangsung

Full Text:

PDF

References


Dewi, D. K., Ernawati, Nurhayati, L., Agina, S., Khodijah, S. S., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 3(1), 1–10.

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Kriswinarso, T. B. (2015). Penalaran Mahasiswa Calon Guru Matematika Yang Memiliki Gaya Berpikir Sekuensial Abstrak Dalam Menyelesaikan Soal HOTS. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(1), 33–44.

Rima, N. W. (2019). HOTS-Speed Test untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analisis Peserta didik 1. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 93–101.

Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas VII. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1135–1142.

Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575.




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.289

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah