Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa Tingkat SMA / Sederajat Pada Masa Pandemi di Kota Madya Medan

Kristina Intan Parulian Panjaitan, Dedy Juliandri Panjaitan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecemasan matematika terhadap minat belajar siswa tingkat SMA / Sederajat pada masa Pandemi di Kota Madya Medan. Dengan Subjek penelitian siswa Siswa SMK Swasta Indonesia membangun 1 Medan, SMK Swasta Indonesia membangun 2 Medan,  SMK Negeri 1 Medan, SMK Negeri 2 Medan, dan SMA Methodist 12 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen non test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang terdiri atas angket kecemasan matematika dan angket minat belajar. Angket yang digunakan adalah angket langsung tertutup di mana alternatif jawaban telah tersedia pada angket, sehingga responden hanya perlu memilih salah satu jawaban yang sesuai dengan kondisi dirinya. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh bahwa kecemasan matematika sebesar 61 % dan minat belajar siswa 67 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  tidak ada pengaruh kecemasan matematika terhadap minat belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Faliyandra, F., Suarmika, P. E., Hidayat, N., Lestari, S. D., & Utama, E. G. (2021). Dampak Negatif Media Sosial Pasca Covid-19 Pada Siswa: Analisis Perencanaan Kepada Sekolah Di Sekolah Dasar. Jpdi (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(2), 43. Https://Doi.Org/10.26737/Jpdi.V6i2.2469

Hepilita, Y., & Gantas, A. A. (2018). Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial Dengan Gangguan Pola Tidur Pada Anak Usia 12 Sampai 14 Tahun Di Smp Negeri 1 Langke Rembong. Jurnal Wawasan Kesehatan, 3(2), 78–87.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Journal Of Mathematics Education And Applied, 02(01), 45–51. Https://Jurnal.Uhn.Ac.Id/Index.Php/Sepren/Article/View/364

Irawan, H., & Juani, M. (2020). Evaluasi Pembelajaran Ekonomi Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Negeri 03 Sumbersari Kota Malang. Jpek (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(1), 25–39. Https://Doi.Org/10.29408/Jpek.V4i1.2150

Kasali, R. (2017). Disruption. Gramedia Pustaka Utama.

Khairani, M. (2014). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo.

Muhammad Yahya, H. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia Disampaikan Pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar Tanggal 14 Maret 2018. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/154762984.Pdf

Nolthing, P. (2012). Winning At Math. Florida. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Acem4l9u1l4c&Printsec=Frontcover#V=Onepage&Q&F=False

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. Iptek Journal Of Proceedings Series, 0(5), 22–27. Https://Doi.Org/10.12962/J23546026.Y2018i5.4417

Rizki, F., Rafianti, I., & Marethi, I. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Sma. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11. Https://Doi.Org/10.30656/Gauss.V2i2.1750

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.

Siyoto, S., & Sodik, M Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayub (Ed.); 1st Ed.). Literasi Media. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=En&Lr=&Id=Qphfdwaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pr3&Dq=Siyoto+Dan+Sodik,+2015&Ots=Iczyvm050c&Sig=Vdehudjw5ncf_B0ugkxii1racp0&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q=Siyoto Dan Sodik%2c 2015&F=False

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Velazco, D. J. M., Hinostroza, E. M. F., Martínez, M. F. C., & Liccione, E. J. (2021). Mathematics Anxiety And Its Effects On Engineering Students’ Performance During The Covid 19 Pandemic. Journal On Mathematics Education, 12(3), 547–562. Https://Doi.Org/10.22342/Jme.12.3.13205.547-562

Widigda, I. R., Setyaningrum, W., Pascasarjana, J., Matematika, P., Yogyakarta, U. N., & Skripsi, M. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(2), 190–199.

Yudhanegara, M. R., & Lestari, K. E. (2015). Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembeajaran Berbasis Masalah Terbuka. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(4), 97–106.

Zanikhan. (2008). Minat Belajar Siswa. Http://Zanikhan.Multiply.Com/Journal/Item/1206/Minat-Belajar-Siswa




DOI: https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.286

JURNAL MATHEDUCATION NUSANTARA ISSN : 2614-512X (Print) ISSN : 2614-5138 (Online) Published by Program Pascasarjana UMN Al Washliyah